oleh

10 Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik Paling Mudah

Kabarin.co.id – Secara dasar, 10 Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik Paling Mudah ini dirangkum dari berbagai sumber. Sehingga untuk hasil, bisa dipastikan memperoleh kondisi terbaik dan menyelesaikan setiap masalah pada burung tersebut.

Seperti yang kita ketahui, cendet atau yang juga dikenal dengan sebutan pentet, merupakan salah satu jenis burung predator yang ganas dan agresif.

Ketika berada di habitatnya, cendet sering memangsa serangga, reptil kecil, atau juga memangsa burung lain yang mempunyai ukuran tubuh lebih kecil.

Namun ketika dipelihara didalam kandang, sifat ganas tersebut bisa diredam lantaran kebutuhan pangan sudah dipenuhi oleh pemiliknya.

10 Cara Mengatasi Burung Cendet Miyik Paling Mudah

Seharusnya, cendet yang sudah dewasa atau setidaknya berusia 8 bulan lebih, tidak berperilaku manja seperti masih bayi. Kondisi ini tentu menjadi permasalahan yang terkadang membuat jengkel si pemelihara. Ketika kondisi tersebut terjadi, berikut beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan.

1. Memberi Pakan Yang Tepat

Cara pertama ialah dengan memperhatikan pemberikan pakan yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan sangat penting memenuhi kebutuhan nutrisi burung cendet.

2. Melakukan Full Kerodong

Kerodong yang dimaksud ialah dengan menutup sangkar burung cendet. Usahakan kondisi tempat sepi dengan tujuan supaya burung tersebut tidak berinteraksi dengan manusia.

3. Lakukan Terapi Kejut

Terapi kejut ini dilakukan supaya kebiasaan miyik burung cendet berkurang. Langkah yang bisa dilakukan ialah dengan menyemprot air atau dengan menggebrak sangkarnya.

4. Memberi Jangkrik

Berikan pakan berupa jangkrik hingga cendet kenyangnya full. Hal ini bertujuan supaya burung cendet merasa puas serta tidak merengek ketika melihat anda.

5. Melakukan Perawatan Yang Baik

Pada kondisi ini, anda juga harus memberikan perawatan terbaik untuk burung cendet. Hal tersebut dikarenakan perawatan yang tepat, bisa mencegah burung menjadi miyik.

Terlepas dari itu, jangan lupa untuk menyediakan pakan secukupnya. Sebab dalam kondisi kenyang, burung sangat jarang miyik.

6. Lakukan Pengembunan

Embun sangat baik untuk burung cendet yang sering manja, terlebih di pagi hari pada kisaran waktu jam lima. Sebab di jam tersebut, udara terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

7. Pemberian Pakan Ekstra

Istilah pakan esktra ini lebih dikenal dengan sebutan Ekstra Fooding (EF). EF sedniri merupakan pakan tambahan pada cendet.

Pemberian EF pun bisa di variasi, sebagai contoh ialah belalang, kadal kecil, cicak, jangkrik, orong-orong, ikan kecil, daging mentak, katak kecil, dan sejenisnya.

8. Mandi Malam

Biasakan burung cendet mandi malam. Meski tidak sampai basah kuyup, namun hanya cukup dengan memandikan seperti halnya dilakukan pada pagi hari. Caranya sederhana, semprotkan air hingga semua bulunya basah.

9. Menjemur Cendet

Waktu penjemuran yang baik ialah berkisar antara pukul 7 hingga 8 pagi hari. Tujuannya ialah supaya memperoleh panas alami dari sinar matahari, serta menambah asupan vitamin D.

10. Memberi Nutrisi Tambahan

Jika anda sudah lama gemar memelihara burung, tentu sudah paham dengan nutrisi tambahan yang dimaksud. Dengan memberi nutrisi pendamping, tentu kebutuhan nutrisi akan terpenuhi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News