oleh

10 Tanaman Obat Sakit Kepala Berkepanjangan

Kabarin.co.id – Bisa dikatakan jika 10 Tanaman Obat Sakit Kepala Berkepanjangan ini berasal dari lingkungan sekitar. Bahkan juga sering dimanfaatkan sebagai rempah untuk makanan dan minuman.

Seperti yang kita ketahui, sakit kepala sering ditandai dengan rasa pegal pada daerah leher, kepala bagian belakang, dan juga bagian bahu.

Pada dasarnya, gejala sakit kepala yang dialami oleh setiap invidu berbeda-beda. Bisa dipicu dengan makanan yang mengandung MSG, kafein, alkohol, atau pemanis buatan.

Ketika kepala memang terasa sangat sakit, maka akan lebih baik untuk mengurangi aktivitas yang berhubungan dengan laptop, televisi, dan juga smartphone.

Pasalnya beberapa benda tersebut diklaim mampu memperburuk situasi sehingga sakit kepala pun semakin parah.

Untuk sebagian orang, mungkin lebih memilih untuk minum obat supaya sakit kepala tersebut cepat reda. Akan tetapi, beberapa rempah dan bumbu dapur juga bisa jadi alternatif lho,,

10 Tanaman Obat Sakit Kepala Berkepanjangan

Menurut yang dikutip dari laman Wonderslist dan Boldsky, ada beberapa tanaman obat yang mampu meredakan sakit kepala. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Jus Daun Mint

Kandungan senyawa Menthone dan Menthol menjadi komponen utama yang terbukti cukup ampuh dalam menyembuhkan sakit kepala.

Cukup siapkan satu genggam daun mint, yang kemudian diambil ekstraknya, kemudian aplikasikan pada pelipis dan dahi untuk mendapat perasaan tenang. Bahkan bisa pula digunakan sebagai kompres.

2. Rimpang Jahe

Secara umum, jahe mempunyai manfaat yang baik dalam menghangatkan tubuh. Bahkan diklaim cukup ampuh untuk mengurangi radang pada pembuluh darah.

Dengan demikian, secara otomatis jahe tersebut juga meredakan gejala ataupun dampak dari sakit kepala tersebut. Konsumsi jahe bisa menjadi alternatif yang paling sederhana.

3. Basil

Diketahui, basil sangat familiar sebagai relaksan yang cukup populer dan mempunyai khasiat untuk meredakan otot tegang pada bagian kepala.

Ketika mengkonsumsinya, maka efek analgesik mampu memberikan efek sehingga bersifat sebagai penenang alami.

4. Rosemary

Rosemary mempunyai kandungan asam romarinic yang mempunyai sifat anti-inflamasi serta mampu menenangkan pikiran. Aroma yang ditimbulkan mempunyai manfaat untuk menghilangkan sakit kepala.

Penerapannya, cukup campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan dua tets minyak essensial rosemary. Dan pijatkan pada area sakit kepala.

5. Cengkeh

Rempah yang satu ini memang dikenal mempunyai khasiat yang luar biasa lantaran ada sifat penghilang rasa sakit dan pendingin pada tubuh.

Bahkan khasiat lainnya pun berpengaruh untuk menghilangkan sakit kepala. Untuk menggunakannya, cukup haluskan cenhkih dan bungkus dengan kain. Selanjutnya hirup aroma untuk meredakan nyeri sakit kepala.

6. Minyak Peppermint

Umumnya, sakit kepapa ditimbulkan lantaran adanya penyumbatan pada pembuluh darah. Peppermint sendiri bisa membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat tersebut.

Terlepas dari itu, minyak peppermint juga mempunyai sifat anti-mikroba yang bisa membantu mengatasi masalah sistem pencernaan.

Campur tiga tetes minyak peppermint dengan satu sendok minyak almond, pijatkan pada pelipis atau bagian leher.

7. Kayu Manis

Rempah yang satu ini diperkaya dengan antioksidan yang juga sangat baik untuk jantung, peradangan, diabetes, dan menurunkan risiko jantung.

Larutkan bubuk kayu manis dan gunakan sebagai kompres dan hirup aroma yang keluar. Selain menenangkan, aroma tersebut juga bisa memperlancar sistem pernafasan.

8. Minyak Lavender

Herba yang satu ini memang sangat membantu dalam merelaksasi otak yang sekaligus membantu meredakan sakit kepala.

Terlepas dari itu, minyak lavender juga baik untuk meningkatkan fungsi otak, insomnia, menyembuhkan luka, meredakan nyeri, dan mencegah diabetes.

Teteskan beberapa tetes minyak lavender pada air mendidih dan hirup uapnya. Bahkan bisa dicampur pula dengan minyak alami lain untuk dijadikan minyak pijat (urut).

9. Daun Kemangi

Umumnya daun ini sering digunakan untuk pendamping makanan lalapan. Namun dengan aroma yang khas, ternyata kemangi pun bisa mengobati sakit kepala.

Cukup seduh beberapa helai daun kemangi dan minum airnya. Bisa pula dengan ditambah sedikit madu.

10. Kayu Cendana

Berperan sebagai bumbu dapur, kayu cendana yang sudah berupa serbuk, bisa di oleskan pada area dahi untuk menstimulasi perhatian, sehingga bisa membuat kita lebih fokus.

Mempunyai sifat dingin, kayu cendana berpengaruh untuk tubuh dan pikiran.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News