oleh

3 Cara Membuat Magnet Paling Sederhana

Kabarin.co.id – Dibahas secara singkat, 3 Cara Membuat Magnet Paling Sederhana ini ialah menerapkan metode gosok, elektromagnetik, dan juga induksi. Kesemuanya tersebut sangat mudah diterapkan, bahkan sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, magnet pertama kali ditemukan oleh orang Yunani pada sebuah tempat dengan nama Magnesia. Dari situlah kata magnet berasal serta digunakan secara luas. Paling pertama, magnet alam yang ditemukan dalam bentuk batu.

Sejalan dengan berkembangnya dunia teknologi dan pengetahuan, saat ini magnet sudah digunakan pada banyak sekali jenis alat elektronik. Seperti halnya telepon, dinamo, alat ukur, serta yang lainnya.

Secara dasar, beberapa benda yang bisa ditarik oleh magnet ialah benda yang mengandung unsur logam. Akan tetapi, tidak kesemuanya terpengaruh daya tarik magnet.

3 Cara Membuat Magnet Paling Sederhana

Magnet sendiri terbagi dengan dua kutub, yakni kutup urata dan selatan. Kedua kutub tersebut merupakan bagian magnet yang mempunyai gaya paling kuat.

Bahkan pada saat magnet dipecah menjadi dua bagian kecil, selalu ada kutub utara dan selatan. Terlepas dari itu, dua kutub yang sama jika didekatkan, akan tolak menolak. Begitupun sebaliknya.

1. Membuat Magnet Dengan Menggosok

Untuk cara yang pertama dalam membuat magnet, yakni bisa dilakukan dengan menggosok. Anda hanya memerlukan magnet permanen serta benda yang ingin di aliri.

Sedangkan untuk benda yang bisa dialiri magnet ialah benda yang mempunyau sifat kemagnetan. Sebagai contoh ialah besi dan baja.

Cara penerapan sendiri iaah dengan menggosok magnet permanen pada benda yang ingin anda jadikan magnet. Gosokkan secara satu arah dengan beraturan.

Dengan gerakan yang searah dan beraturan, maka akan menjadikan aliran magnet permanen terhadap benda menjadi ikut terpengaruh magnet.

Sedangkan untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, anda bisa melihat ujung magnet permanen yang anda gosokkan.

2. Membuat Magnet Dengan Elektromagnetik

Untuk cara yang kedua, membuat magnet bisa memanfaatkan elektromagnetik. Dalam hal ini, elektromagnetik merupakan alternatif untuk membuat magnet dengan cara di aliri listrik.

Dari sisi sumber listrik, bisa memanfaatkan batu baterai segala ukuran, atau sumber lain dengan skala tegangan yang kecil.

Untuk memaksimalkan kinerja elektromagnetik, maka memerlukan arus listrik searah (direct current / DS). Yang artinya anda memerlukan dua buah batu baterai supaya bisa mempraktekkan cara ini.

Terlepas dari itu, perlu juga disiapkan benda yang ingin diubah menjadi magnet, serta kabel kumparan atau kawat besi sebagai alat perantara aliran listrik.

3. Membuat Magnet Dengan Induksi

Pada cara yang ketika sekaligus terakhir, ialah menerapkan cara induksi. Pada dasarnya, cara ini bekerja lantaran terpengaruh gaya magnet pada sebuha benda elementer (konduktor).

Anda bisa menyiapkan magnet permanen dengan benda yang ingin diubah menjadi magnet. Selanjutnya letakkan dua benda tersebut secara berdekatan dengan posisi vertikal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News