oleh

5 Cara Merawat Dompet Kulit Agar Lebih Awet

Kabarin.co.id5 Cara Merawat Dompet Kulit Agar Lebih Awet pada dasarnya sangatlah mudah. Semua tergantung dari ketelatenan dan juga kreatifitas si pemilik.

Seperti yang kita ketahui, tas atau dompet yang terbuat dari bahan dasar kulit memang sangat disukai oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan tampak lebih mewah dan elegan.

Akan tetapi, harga dari produk fashion yang terbuat dari kulit secara umum mahal. Sehingga penting juga untuk dilakukan perawatan.

Lantaran harganya yang tidak murah inilah, tentu sangat disayangkan jika tas atau dompet kulit tidak terawat dengan baik. Pasalnya, kebanyakan dari produk ini memerlukan perhatian khusus supaya kualitas tetap terjaga dan tahan lama.

Namun sering juga terjadi, semakin lama umur kulit, maka semakin rentan pula bahan tersebut dari minyak, debu, dan kerusakan karena paparan sinar UV, sehingga menghilangkan tingkat kelembapan.

Untuk sekedar merawat koleksi tas dan dompet berbahan kulit, berikut tips yang kami rangkum dari type F.

5 Cara Merawat Dompet Kulit Agar Lebih Awet

Setidaknya ada 5 poin yang bisa dilakukan untuk perawatan dompet berbahan kulit. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Gunakan Bahan Pembersih Yang Tepat

Hal pertama untuk membersihkan koleksi tas atau dompet berbahan kulit, ialah dengan menggunakan bahan pembersih yang sekiranya mampu membuat koleksi tersebut tahan air, mengangkat kotoran, dan melembabkan.

Dalam hal ini, anda bisa menerapkan bahan dari cuka, baking soda, ataupun minyak zaitun. Dan ketika anda menggunakan produk branded, secara umum penjual akan menawarkan produk khusus untuk membersihkan koleksi dompet kulit tersebut.

2. Pelajari Cara Dasar Membersihkan Koleksi Berbahan Kulit

Meski sederhana, namun ada cara dasar untuk membersihkan dompet ataupun tas berbahan kulit. Yakni dengan menuangkan sedikit sabun ke tangan atau kain microfiber, selanjutnya usapkan dengan gerakan melingkar pada koleksi kulit anda.

Gerakan melingkar disini, mempunyai fungsi untuk mengangkat kotoran yang ada pada lapisan kulit. Jangan lupa pula untuk menggunakan air dan membuatnya sedikit berbusa, akan tetapi jangan terlalu basah.

3. Rutin Membersihkan Noda

Ketika dompet atau tas terkena noda, maka solusi sederhana ialah dengan mengusapkan alkohol dan air secara langsung pada bagian yang ada noda tersebut.

Bisa juga dengan menggunakan campuran baking soda dan air untuk menghilangkan beberapa noda yang masih menempel

4. Gunakan Kondisioner Khusus Bahan Kulit

Supaya bisa membersihkan sekaligus melembabkan bahan kulit, campurkan cuka dengan dua sendok minyak zaitun. Usapkan campuran tersebut pada koleksi kulit yang ingin dibersihkan.

Selanjutnya, diamkan semalaman serta bersihkan keesokan harinya. Namun jika anda mempunyai kondisioner khusus untuk bahan kulit, maka bisa menuangkan pada kain microfiber dan mengusapkan pada dompet.

5. Pantangan Umum

Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika melakukan pembersihan atau pemberian kondisioner apda koleksi bahan kulit.

Dalam hal ini, hindari pemakaian produk yang mengandung minyak munk, minyak petrolium, pelarut petrolium, silikon ataupun minyak serupa.

Pasalnya, kandungan pada minyak tersebut bisa meninggalkan noda atau bahkan merusak permukaan dompet kulit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News