oleh

5 Pertimbangan Dalam Merekrut Karyawan Baru

Kabarin.co.id, Sebagai seorang pebisnis, maka ketika bisnis sedang berkembang, tentunya Anda membutuhkan karyawan yang dapat membantu Anda menggerakkan roda bisnis.

Tetapi agar perusahaan dapat terus mencapai pertumbuhan, maka Anda sebagai pebisnis harus bisa mendapatkan karyawan terbaik. Kinerja karyawan memang akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda. Jika karyawan Anda tidak memenuhi syarat, hasilnya akan menyulitkan bisnis Anda untuk berkembang. Alih-alih tumbuh, karyawan dengan kinerja buruk dapat membuat bisnis Anda gagal. Karena itu untuk mendapatkan karyawan terbaik, Anda harus peduli dengan proses rekrutmen. Setidaknya dalam proses rekrutmen karyawan ini, Anda tidak boleh lupa 5 hal berikut untuk dipertimbangkan.

Surat lamaran dan CV

Pertama, hal-hal yang tidak boleh dilupakan saat menjalankan proses rekrutmen karyawan adalah surat lamaran dan CV. Sekalipun Anda merekrut secara online, kedua dokumen ini tidak boleh dilupakan. Karena surat lamaran dan CV akan menjadi pertimbangan Anda dalam merekrut karyawan. Dari surat lamaran itu sendiri, Anda akan mendapatkan penjelasan yang jelas tentang keseriusan mereka dalam melamar pekerjaan. Sementara itu, dari dokumen CV (Curriculum Vitae), Anda akan bisa mendapatkan rekam jejak hidup dan rekam jejak yang dimiliki oleh karyawan. Jadi dari sini kedua dokumen ini sangat penting untuk Anda miliki dari calon karyawan Anda sebagai pertimbangan rekrutmen.

Tes tulis

Untuk mengetahui bagaimana informasi tentang wawasan dan pengetahuan calon karyawan Anda, Anda dapat menggunakan tes tertulis sebagai instrumen. Wawasan tentang pengetahuan umum atau pengetahuan di lapangan sangat penting untuk Anda ketahui dari calon karyawan Anda. Karena wawasan yang Anda miliki, Anda akan dapat memperoleh gagasan tentang karyawan mana yang akan bekerja secara optimal dan mana yang bukan untuk perusahaan. Tes tertulis ini dapat Anda atur sendiri dengan segala jenis pertanyaan yang akan ditanyakan. Tetapi jika Anda malas untuk menyusun tes tertulis maka Anda dapat menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang memiliki pengalaman melakukan beberapa tes tertulis untuk karyawan.

Tes Psikologi

Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilupakan dalam proses rekrutmen karyawan untuk dipertimbangkan adalah pengujian psikologis. Karyawan yang juga manusia harus memiliki kepribadian dan karakter yang berbeda. Nah Anda yang ingin membuat perusahaan selalu berkembang harus memilih karyawan dengan kepribadian dan karakteristik yang baik. Jangan sampai Anda merekrut karyawan yang memiliki kepribadian buruk. Ini karena jika Anda memiliki karyawan dengan kepribadian buruk, ini akan berdampak pada bisnis Anda yang sulit untuk dikembangkan. Cara untuk mengetahui kepribadian dan karakteristik karyawan adalah dengan menyajikan tes psikologis. Meskipun saat ini banyak tes psikologi dan wawancara telah mengetahui trik dan cara mengatasinya, Anda tidak boleh pesimis. Karena, Anda dapat menyajikan tes psikologis baru dengan memodifikasi tes psikologis lama.

Wawancara

Setelah melakukan tes tertulis dan tes wawancara, biasanya perusahaan akan melanjutkan proses rekrutmen pada tahap wawancara (wawancara). Tahap wawancara ini adalah tahap di mana Anda sebagai pemilik bisnis atau diwakili oleh HRD dan calon karyawan akan bertemu. Selama pertemuan, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan untuk dijawab oleh calon karyawan. Dari proses atau tahapan wawancara ini Anda akan bisa mendapatkan gambaran kepribadian atau keseriusan mereka di pekerjaan yang dilamar. Tentu saja untuk mendapatkan informasi itu Anda harus dapat menyusun daftar pertanyaan wawancara yang baik. Untuk menghindari menjawab trik dari calon karyawan pada jenis tes wawancara lama, Anda dapat menyusun daftar pertanyaan baru. Dari hasil tes wawancara ini nanti Anda bisa mempertimbangkannya dalam proses rekrutmen.

Chemistry

hal yang tidak boleh dilupakan dalam proses rekrutmen sebagai bahan pertimbangan adalah Chemistry. Chemistry atau kompatibilitas memang sering digunakan dalam proses rekrutmen oleh pelaku bisnis. Apalagi jika ada dua calon karyawan yang memiliki nilai yang sama, maka Chemistry biasanya akan menjadi penentu. Sebagai manusia, tentu saja Anda punya perasaan. Sekarang dari perasaan ini dapat muncul intuisi dan Chemistry untuk menentukan atau memilih salah satu dari beberapa pilihan calon karyawan untuk Anda rekrut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News