oleh

6 Poin Penting Cara Merawat Burung Perkutut

Kabarin.co.id – Melansir dari beberapa sumber, 6 Poin Penting Cara Merawat Burung Perkutut ini pada dasarnya sangatlah sederhana. Sebab bisa diterapkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, perkutut merupakan jenis burung yang cukup banyak digemari. Bisa dibilang jika tidak banyak orang yang memelihara jenis burung kicau ini, sebab dinilai suaranya terlalu monoton.

Akan tetapi, burung perkutut lokal dipercaya bisa memberikan kesuksesan, kedamaian, serta ketenangan hidup bagi pemiliknya. Kondisi itulah yang menjadikan perkutut tetap mempunyai daya tarik untuk penggemar burung.

Membahas lebih lanjut, perkutut dikenal dengan nama latin Geopelia Sriata, dan terbagi pada beberapa spesies. Akan tetapi, pada kalangan pecinta burung, terdapat dua kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan perkutu bangkok.

Mempunyai banyak penggemar, burung perkutut lokal dipercaya mempunyai kekuatan lebih bagi pemilik. Sedangkan untuk burung perkutut bangkok, lebih digemari karena kicauannya.

Untuk adat kepercayaan Jawa, seorang pria yang sudah dewasa tidak akan dianggap sebagai lelaki sejati jika tidak memelihara burung perkutut.

Terlebih lagi, pada zaman kerajaan Majapahit, burung perkutut dianggap sebagai hewan prestisius yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan ningrat serta raja-sara saja. Oleh karena itu, burung perkutut sering kali dikaitkan dengan simbol kesuksesan.

6 Poin Penting Cara Merawat Burung Perkutut

Penasaran dengan beberapa poin penting untuk merawat burung perkutut? Berikut tips supaya kicauannya lebih sering dan bagus.

1. Mandikan Burung Secara Rutin

Meski tidak wajib, namun burung perkutut akan lebih baik jika dimandikan secara rutin. Tujuannya ialah supaya bulunnya mengkilap dan tidak berkutu.

Sebelum memandikan, perhatikan penggunaan semprotan. Jika bisa pakailah spray dengan lubang yang lebih halus.

2. Jemur Burung Di Pagi Hari

Ternyata burung perkutut juga perlu menghangatkan diri. Oleh karena itu perlu juga dijemur secara teratur pada jam 7 hingga 10 pagi supaya lebih sehat dan tidak mudah sakit.

3. Jaga Asupan Nutrisinya

Makanan bergizi untuk burung perkutut ialah yang mengandung protein tinggi dari pabrik ataupun pakan yang diracik sendiri.

Untuk jenis makanan yang diracik sendiri, secara umum berasal dari campuran jawawut, milet dan biji godern. Namun banyak pula yang menggunakan tumbukan beras merah, ketan hitam, dan jagung.

4. Memberi Vitamin Tambahan

Jika manusia memerlukan suplemen, burung perkutut pun bisa diberikan vitamin tambahan supaya hormon testosteron lebih meningat.

Sehingga secara tidak langsung, menjadikan burung semakin gacor, mempunyai daya tahan utbuh lebih kuat, dan juga mentalnya bagus ketika ikut kontes.

5. Memberi Jamu Tambahan

Supaya kualitas semakin sempurna, burung perkutut juga perlu diberikan jamu khusus atau bisa pula dengan makanan tambahan.

Jamu khusus ini ada yang dibuat oleh pabrik, akan tetapi bisa berupa kroto atau ulat hongkong untuk makanan tambahan.

6. Jadikan Suasana Di Sekitar Kandang Lebih Nyaman

Secara tidak sadar, suasana di sektar sangkar juga ikut berpengaruh pada kondisi burung. Jadi, usahakan suasananya lebih ramah dan nyaman.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News