Ada 333 Cek Poin, Nekat Mudik? Siap-Siap Dicegat Polisi! – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Pemerintah akan mengawasi ketat pelarangan mudik lebaran pada tahun ini. Tidak mau kecolongan seperti tahun lalu, makanya pos pengawasan juga ditambah menjadi 333 titik dari tahun lalu 146 titik.

“Saya pastikan tidak akan ada yang lolos, kita bangun 333 titik cek poin, evaluasi dari tahun lalu yang hanya 146 titik. Kita semua kompak penyekatan menyeluruh di perbatasan provinsi hingga kabupaten,” kata Kakorlantas Irjen Pol. Istiono dalam konferensi Pers, Kamis (8/4/2021).

Pada tahun lalu angkutan gelap plat hitam curi-curi kesempatan untuk membawa penumpang untuk bepergian keluar kota. Caranya beragam mulai dari truk yang diisi penumpang, angkutan umum plat hitam, juga lainnya. Istiono menjamin pada tahun ini Polri akan menindak tegas jika terdapat pelanggaran nanti.

“Travel gelap akan kita tindak tegas. Kita harap kesadaran masyarakat tidak mudik diikuti,” jelasnya.

Pilihan Redaksi
  • DKI PSBB Transisi, Penumpang KRL Bogor-Depok-Bekasi Melonjak!
  • Catat Nih! Orang-Orang yang Dikecualikan dari Larangan Mudik

Selain itu Istiono mengatakan sosialisasi larangan mudik dan operasi keselamatan ini akan dilakukan pada 12 April. Kegiatan juga dilakukan mulai dari membagikan masker dan tes rapid antigen gratis.

Sebelumnya Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia, Djoko Setijowarno, mengatakan dampak dari larangan mudik ini malah makin marak angkutan umum plat hitam. Seperti kendaraan truk yang digunakan untuk mengangkut orang.

Selain itu pengawasan pemudik sepeda motor juga sulit dipantau. Karena banyaknya jalan alternatif yang tidak terawasi oleh otoritas.

“Seharusnya tidak usah ada pengecualian sehingga hasilnya lebih terasa. Adanya pengecualian menimbulkan banyak penafsiran dan penyimpangan. Berpotensi terjadi pungutan liar dari pembuatan surat keterangan,” jelas Djoko dalam keterangan resmi.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan