Ada Apa Oppa? Korsel Tembak Rudal Balistik dari Laut – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Korea Selatan (Korsel) tiba-tiba menembakkan rudal balistik (SLMB) Selasa (7/9/2021). Senjata mematikan itu diluncurkan dari kapal selam canggih terbaru, Dosan Ahn Chang-ho.

Hal ini dilakukan secara sengaja. Korsel tengah melakukan uji coba militer yang menjadikannya negara pertama tanpa senjata nuklir yang dapat membuat senjata dengan kekuatan desktruktif itu.

Mengutip Yonhap, sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan kapal selam Dosan Ahn Chang-ho berhasil melakukan tes ejeksi bawah air minggu lalu. Tes serupa sebelumnya dilakukan bulan lalu.

Namun Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi rincian kemampuan unit militer individu. Ini karena alasan keamanan.

“Militer kami mengamankan aset militer canggih berkekuatan tinggi untuk memastikan perdamaian di Semenanjung Korea dengan membangun kemampuan militer yang kuat, dan berencana untuk terus mengembangkannya,” kata kementerian itu dalam sebuah rilis.

Tembakan rudal balistik tersebut terjadi sepekan setelah kementerian pertahanan merilis blueprint pengembangan misil di 2022-2026. SLMB sebelumnya sudah dikembangkan tujuh negara, yakni Amerika Serikat (AS), Rusia, China, Inggris, Prancis, India dan Korea Utara, yang semuanya memiliki senjata nukli.

Sementara itu, mengutip laporan Reuters, Korsel sendiri memiliki rudal dengan nama sandi Hyunmoo 4-4. Jangkauannya sekitar 500 kilometer (311 mil).

Korsel saat ini masih berstatus perang dengan Korea Utara (Korut). Pengembangan senjata kerap dikaitkan dengan ketegangan kedua pihak.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *