Ada di China, Buang Uang Rp 285 M Demi Geser Patung Raksasa! – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Kota Jingzhou, China, saat ini sedang menjadi sorotan. Pasalnya kota itu menyebut akan merelokasi sebuah patung raksasa dengan menelan biaya sebesar US$ 20 juta atau sekitar Rp 285 miliar.

Pemindahan besar-besaran itu ditunjukkan oleh sebuah video viral yang menunjukkan para pekerja memotong-motong bagian patung. Patung itu sendiri merupakan patung dewa perang Guan Yu yang tingginya hampir 190 kaki. Patung yang memakan biaya pembuatan hampir US$ 46 juta itu disebut-sebut sebagai salah satu patung perunggu terbesar di dunia.

Seorang pejabat kota Jingzhou menyebut bahwa patung itu akan dipindahkan ke Dianjiangtai, kawasan wisata yang terletak sekitar lima mil dari lokasinya saat ini. Menurut pejabat itu, patung tersebut didirikan secara ilegal karena peraturan kota melarang bangunan lebih tinggi dari 78 kaki.

“Ini adalah pemborosan lebih dari 300 juta yuan. Pertama, itu dibangun secara ilegal, dan kemudian dipindahkan,” kata pejabat itu dikutip Insider, Rabu (8/9/2021).

Pemerintah pusat China sendiri juga mengatakan hal yang cukup kurang sedap mengenai patung itu. Beijing menyebut bahwa patung itu “merusak penampilan dan budaya sejarah Jingzhou.”

Patung Guan Yu sendiri dibangun pada tahun 2016 saat China sedang menggalakkan pembangunan monumen dan patung raksasa. Patung-patung yang dibangun pun bervariasi, mulai dari patung Mao Zedong raksasa, replika sphinx Mesir berukuran penuh, dan patung Marilyn Monroe.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *