oleh

AISI Sebut Wacana Cukai Kendaraan Bermotor Bisa Beratkan Konsumen

Kabarin.co.id, Jakarta – Terkait dengan wacana pengenaan cukai pada emisi kendaraan bermotor, memperoleh tanggapan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Pada dasarnya, alasanya penerapan cukai tersebut sangat bagus, yaitu supaya tingkat polusi udara dari kendaraan yang menghasilkan karbondioksida (CO2) berkurang.

Public Relation Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Ahmad Muhibbudin, paham betul dengan alasan pemerintah terkait rencana pengenaan cukai untuk motor.

“Namun kami melihat ini akan memberatkan konsumen dan membuat market motor akan semakin menurun jika diberlakukan,” terangnya (21/2/2020).

“Akibatnya industri akan semakin mengecil dan tidak tumbuh,” imbuhnya seperti dikutip dari GridOto.com.

Selain dari pasar motor yang diprediksi berkembang, ia juga menyebut jika usulan Sri Mulyani tersebut juga bisa mempunyai dampak pada harga pasar motor yang berpotensi naik.

“Konsumen sepeda motor sangat sensitif dengan kenaikan harga, berapa pun itu kenaikannya. Kondisi ini tentu akan ganggu konsumen dan menekan pertumbuhan ekonomi,” paparnya.

Muhib pun berharap, pemerintah bisa mengkaji ulang secara komprehensif dampak pada industri motor serta pendukungnya.

“Industri sepeda motor ini punya rantai bisnis yang luas, baik di sisi hulu maupun hilir, sehingga berpotensi muncul (masalah) jika rencana ini diberlakukan,” terangnya.

“Terpenting, motor itu kan bukan sepenuhnya produk konsumtif. Sebagian besar pemiliknya, menjadikan motor sebagai sarana produktif untuk bekerja sehari-hari mencari nafkah,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News