oleh

Alasan Kenapa Kopi Kenangan Tidak Masuk Bisnis Waralaba

Kabarin.co.id, Jakarta – Edward Tirtanata selaku CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, memberikan penjelasan dibalik alasan kenapa Kopi Kenangan enggan masuk pada bisnis franchise atau waralaba. Dalam hal ini alasan utamanya ialah untuk menjaga kualitas produk.

“Kita no franchise. Semua 100 persen fully own,” jelas Edward ketika ditemui di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dalam hal ini, pihaknya mempunyai standar tertentu untuk bisa menjalankan usaha. Salah satunya ialah dari segi mesin kopi yang digunakan haruslah yang terbaik. Ditambah lagi bahan baku susu juga harus yang benar-benar mempunyai kualitas.

Terlepas dari itu, pada skema waralaba, setiap gerai mempuyai pemilik sendiri. Sehingga pemilik sendiri harulah mempunyai tujuan atau strategi bisnisnya sendiri. Hal tersebut, Edward menilai bahwa bisa saja mempersulit koordinasi.

“Katakan ada 100 franchise. Itu ada 100 kepala berbeda yang harus kita tektok-an. Dan tentu susah. Misalkan saya bilang ke si A, tolong jangan ganti susu ke yang murah, harus pakai Green Field. Dan pasti ada lah perdebatan aduh saya mau save cost, saya perlu untung lebih,” jelas Edward menambahkan.

Oleh karena itu, Kopi Kenangan lebih memilih untuk tidak masih ke dalam bisnis waralaba. Terlepas dari penjagaan kualitas, tentu target dan strategi pemasaran pun berbeda. “Dari situ makanya kita ingin supaya tidak ada yang mengganti resep kita, service kita terstandardisasi, kita non frenchise,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News