Analis ini rekomendasikan beli saham Buyung Poetra (HOKI), simak ulasannya

  • Bagikan
kontan.co.id

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Tendi Mahadi

KABARIN.CO.ID – JAKARTA. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menargetkan pertumbuhan penjualan dapat tumbuh sekitar 10-15% pada tahun ini. Para analis meyakini target tersebut dapat tercapai seiring dengan perbaikan permintaan pada masyarakat.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas mengatakan, dengan HOKI yang membukukan kinerja low base pada tahun lalu, yakni turun sekitar 14%, maka target pertumbuhan penjualan di atas 15% sangat mungkin tercapai.

“Dengan membaiknya ekonomi seiring adanya proses vaksinasi akan turut meningkatkan daya beli masyarakat yang berujung pada pulihnya permintaan. Ditambah lagi, pembatasan sosial pada tahun ini jauh lebih longgar dibanding tahun lalu,” ujar Sukarno ketika dihubungi Kontan.co.id, Selasa (4/5).

Baca Juga: Catatkan kinerja positif di kuartal I 2021, begini tanggapan Sampoerna Agro (SGRO)

Sementara analis Sucor Sekuritas Jennifer Widjaja dalam risetnya pada 02 Februari 2021, menuliskan, salah satu yang menyebabkan kinerja HOKI tertekan pada tahun adalah program bantuan sosial pemerintah berupa penyaluran beras kepada masyarakat. Dengan adanya program tersebut, penjualan HOKI pun mengalami tekanan.

Memasuki tahun ini, Jennifer melihat sentimen tersebut tidak akan menjadi katalis negatif lagi bagi kinerja HOKI. Pasalnya, pemerintah kini mengganti program bantuan sosialnya dengan pemberian bantuan langsung tunai.

“Dalam pandangan kami, hal ini akan menguntungkan HOKI. Karena kami mengekspektasikan, konsumen akan beralih kembali ke beras bermerek dengan kualitas yang lebih baik, seiring dari sisi harga relatif sama dengan harga beras kemasan / tidak bermerek, mengingat adanya batasan harga eceran,” tulis Jennifer dalam risetnya.

Analis Mirae Asset Sekuritas Andy Wibowo Gunawan dalam risetnya pada 21 Januari 2021 menuliskan, salah satu katalis positif yang bisa mengangkat kinerja HOKI ke depan adalah dengan upaya diversifikasi bisnis.

Asal tahu saja, emiten produsen beras ini baru saja meluncurkan anak perusahaan PT Hoki Distribusi Niaga. Lini bisnis baru ini akan berfokus pada produk berupa food (makanan) dan juga non-food (selain makanan). 

 

Baca Juga: Lima Dua Lima Tiga (LUCY) esok akan melantai di bursa

Andy menilai, diversifikasi bisnis tersebut dapat membantu mendongkrak outlook pertumbuhan kinerja HOKI di masa yang akan datang. Sekaligus, membantu meningkatkan profitabilitas HOKI seiring bisnis baru umumnya punya margin yang lebih tinggi ketimbang bisnis yang sudah ada.

“Berdasarkan ground check yang kami lakukan, kini sudah banyak rumah makan yang telah beroperasi normal kembali. Dus, ini akan membuat permintaan beras dari pasar tradisional akan kembali naik. Kami meyakini, volume penjualan HOKI dari pasar tradisional juga akan naik pada tahun ini,” imbuh Andy.

Katalis positif lain akan datang dari rencana ekspansi yang dilakukan HOKI pada tahun ini. Jennifer mengatakan, pabrik baru HOKI di Sumatera Selatan akan mulai beroperasi pada kuartal II-2021, atau paling lambat kuartal III-2021. Ia menilai, lahan baru ini tidak hanya menambah kapasitas sebanyak 20 ton per jam, namun juga akan membantu HOKI dalam meraih pangsa pasar baru di daerah tersebut.

Reporter: Hikma Dirgantara
Editor: Tendi Mahadi

Sumber Antara News

  • Bagikan