oleh

AS Jatuhkan Sanksi Pada Badan Antariksa Iran

Kabarin.co.id, Ashington – Untuk pertama kalinya, Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi kepada badan antariksa sipil Iran dan juga dua organisasi penelitian. Pasalnya, AS menuding mereka tengah mengembangkan rudal balistik.

Diketahui, Departemen Luar Negeri dan Departemen Keuangan AS menuding Badan Antariksa Iran, Pusat Peneltian Antariksa Iran, dan juga Lembaga Penelitian Artronotika tengah memajukan program rudal Teheran. Tepatnya dengan menerapkan kedok misi sipil untuk meluncurkan satelit ke orbit.

Pemerintahan Trump menyebut bahwa ledakan yang terjadi baru-baru ini pada landasan peluncuran merupakan tanda Iran sedang mengerjakan pengembangan rudal balistik.

“Amerika Serikat tidak akan mengizinkan Iran untuk menggunakan program peluncuran luar angkasa sebagai kedok untuk memajukan program rudal balistiknya,” ungkap Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, menurut yang dikutip dari Deutsche Welle, Rabu (4/9/2019).

Dibawah pemerintahan Trump, AS sudah meningkatkan tekanan terhadap Teheran, tepatnya sejak Washington menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dan menerapkan kembali sanksi ekonomi.

Dengan adanya sanksi baru semua warga negara AS akan dianggap sebagai penanggung jawab secara pidana, lantaran terlibat dengan program luar angkasa Iran.

Perusahaan, pemerintahan asing, dan juga organisasi kerja sama ruang angkasa internasional, bisa juga dikenai sanksi apabila diketahui mempunyai keterlibatan dengan lembaga luar angkasa Iran.

“Penjatuhan sanksi ini harus berfungsi sebagai peringatan bagi komunitas ilmiah internasional yang berkolaborasi dengan program luar angkasa Iran dapat berkontribusi pada kemampuan Teheran untuk mengembangkan sistem pengiriman senjata nuklir,” jelas Pompeo.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News