oleh

AS Jatuhkan Sanksi Pada Menteri Dalam Negeri Kuba

Kabarin.co.id, Washington – Dijelaskan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo bahwa pihaknya sudah menjatuhkan sanksi terhadap Menteri Dalam Negeri Kuba, Cesar Gandarilla Bernejo.

Lebih lanjut, Pompeo menyebut sanksi tersebut punya keterkaitan dengan adanya pelanggaran HAM yang sudah dilakukan oleh Bernejo.

Dijelaskan, dibawah kepemimpinan Bernejo, Kementerian Dalam Negeri Kuba sudah terlibat pada pelanggaran HAM Berat.

Pompeo menyebut, pelanggaran HAM tersebut tidak hanya terjadi di Kuba, melainkan juga di Venezuela, yang memberikan dukungan pada rezim Caracas.

“Di bawah pimpinan Julio Cesar Gandarilla Bermejo, Kementerian Dalam Negeri Kuba telah terlibat dalam pelanggaran HAM di Venezuela, secara sewenang-wenang menangkap ribuan warga Kuba, dan secara tidak sah menahan lebih dari 100 tahanan politik. Hari ini kami meminta pertanggungjawabannya,” paparnya, menurut yang dikutip dari Tass, Minggu (17/11/2019).

Sedangkan dari sisi Kementerian Luar Negeri AS, pada sebuah pernyataan sebelumnya. Memberikan kecaman atas penindasan HAM serta kebebasan mendasar di daerah Kuba.

“AS terus mendukung rakyat Kuba dan Venezuela, dan Departemen menerapkan penunjukan ini dengan tujuan itu dalam pikiran,” isi pernyataan Kementerian Luar Negeri AS.

“Penindasan rezim Castro atas HAM dan kebebasan mendasar di Kuba dan Venezuela, memerlukan perhatian dunia dan panggilan internasional yang lebih keras, untuk bertindak. Kami sangat mendorong pemerintah lain dan organisasi internasional menuntut akuntabilitas pemerintah Kuba, karena melanggar dan menyalahgunakan hak asasi manusia dan kebebasan mendasar,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News