oleh

AS Tuduh Serangan Pada Kilang Minyak Arab Saudi Dilakukan Oleh Iran

Kabarin.co.id, Washington – Salah satu pejabat senior Amerika Serikat (AS) menyebut bahwa serangan terhadap kilang minyak terbesar di Aarab Saudi pada pekan lalu, dilakukan oleh Iran dengan lusinan rudal jelajah, serta lebih dari 20 pesawat tanpa awak (drone).

Kepada ABC News, pejabat senior administrasi Trump tersebut tidak percaya dengan klaim dari pemberontak Houthi Yaman sebagai pelaku dari serangan. Pejabat tersebut berbicara menggunakan syarat anonim pada hari Minggu.

Bisa dikatakan bahwa tuduhan tersebut sangat luar biasa, bahwa Iran menggunakan rudal dan pesawat nirawak, guna melakukan serangan pada tetangga sekaligus rivalnya, Arab Saudi, tepatnya pada saat kawasan tersebut tengah tegang.

“Itu adalah Iran. Para Houthi mengklaim pujian atas sesuatu yang tidak mereka lakukan,” ucapnya, yang dikutip Senin (16/9/2019).

Sedangkan dari sisi Presiden AS, Donald Trump, mengaku tahu dengan dalang yang berada pada serangan tersebut. Ia menilai, senjata Washington siap dikokang dan diisi guna memberikan respons serangan tersebut. Meski begitu, aksi militer Amerika tersebut masih tergantung dengan konfirmasi dari Riyadh.

“Pasokan minyak Arab Saudi diserang. Ada alasan untuk percaya bahwa kita tahu pelakunya, (senjata) dikokang dan diisi tergantung pada verifikasi, tetapi sedang menunggu untuk mendengar dari Kerajaan (Arab Saudi) tentang siapa yang mereka percaya adalah penyebab serangan ini, dan dengan ketentuan apa kita akan melanjutkan!,” isi tulisan Trump di Twitter.

“Cukup minyak,” imbuh Trump seperti dikutip dari akun Twitter-nya, @realDonaldTrump.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News