oleh

Australia Bantah Ekstradisi Akademisi Iran Ke AS

Kabarin.co.id, Melbourne – Seperti yang dikabarkan, Australia tidak akan melakukan ekstradisi seorang akademisi Iran ke Amerika Serikat (AS). Hal tersebut yang ditegaskan oleh Jaksa Agung Australia pasca 13 bulan ditahan, lantaran diduga melakukan ekspor peralatan militer buatan AS ke Iran.

Pada sebuah pernyataan Jaksa Agung Australia, Christian Porter, menyebut bahwa pada sebuah kasus keadaan khusus akademisi, Reza Dehbashi Kivi, tidak boleh diekstradisi.

“Keputusan saya dibuat sesuai dengan persyaratan proses hukum domestik Australia dan sepenuhnya konsisten dengan kekuasaan yang diberikan kepada jaksa agung persemakmuran di bawah hukum kami,” jelas Porter seperti dikutip dari Reuters, Minggu (6/10/2019).

Adanya pernyataan tersebut dilontarkan pasca beberapa jam Iran setuju dalam membebaskan pasangan Australia dari penjara Teheran, yang sebelumnya ditahan dengan tuduhan mata-mata. Selanjutnya, hari Sabtu kemarin media Iran melaporkan jika Dehbashi Kivi sudah kembali ke Iran.

Dalam hal ini, Poster tidak akan menyebut apakah kedua kasus tersebut mempunyai keterkaitan.

“Pemerintah Australia tidak mengomentari perincian di balik pertimbangan kasus-kasus tertentu,” jelas Porter pada pernyataannya.

“Dan walaupun ada kemungkinan bahwa karena kewarganegaraan Tuan Kivi, beberapa orang akan berspekulasi mengenai masalah ini, konsisten dengan praktik sebelumnya, saya tidak bermaksud untuk berkomentar lebih lanjut tentang perincian khusus kasus ini, terutama ketika tanggapan semacam itu dari saya dapat mengurangi kapasitas pemerintah kita untuk menangani masalah seperti ini di masa depan demi kepentingan terbaik Australia,” paparnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News