oleh

Bagaimana Cara Mengobati Kaki Cantengan? Ini Solusinya!

Kabarin.co.idBagaimana Cara Mengobati Kaki Cantengan? Mungkin pertanyaan tersebut muncul dibenak anda katika mengalami hal serupa.

Pada dasarnya, cantengan sering terjadi pada area jompol kaki. Teppatnya ketika sudut kuku dari jempol kaki tumbuh menusuk kulit yang ada di dekatnya.

Meski terbilang suatu kondisi yang serius, akan tetapi cantengan pada jempol kaki harus segera diatasi. Tujuannya ialah supaya tidak menimbulkan infeksi.

Nah dalam hal ini, cantengan jempol kaki akan menimbulkan rasa sakit, bengkak, dan ruam kemerahan. Untuk bisa mengatasinya, anda bisa melakukan perawatan sendiri dirumah.

Akan tetapi, perlu juga diperhatikan bahwa perawatan tersebut untuk kasus yang masih ringan, serta belum berkembang menjadi infeksi.

Bagaimana Cara Mengobati Kaki Cantengan? Ini Solusinya!

Sebelum beranjak pada tata cara mengatasi, akan lebih baik jika anda mengetahui dulu beberapa penyebab dari kasus tersebut.

Pasalnya, ketika anda tidak menjaga kebersihan kaki dengan baik, maka mempunyai resiko untuk terserang cantengan pada jempol kaki dan mungkin akan semakin besar.

Akan tetapi, hal ytersebut bukan satu-satunya penyebab dari cantengan, pasalnya masih aada beberapa hal lain yang juga perlu anda waspadai. Beberapa diantaranya ialah :

  • Memakai sepatu terlalu sempit dan dipaksakan
  • Memotong kuku tidak lurus atau terlalu pendek kedalam.
  • Ada cedera pada kuku kaki seperti halnya tersandung, dll.
  • Bentuk kuku yang terlalu melengkung atau bergelombang.
  • Terkena infeksi jamur pada kuku, sehingga menimbulkan tebalnya kuku jempol.

Cara Mengobati kaki Cantengan Secara Alami

Melansir dari beberapa sumber, ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati kaki cantengan. Beberapa diantaranya ialah :

  1. Merendam Kaki Dengan Air Hangat : Proses ini terbilang paling sederhana, dan bisa digunakan pada kondisi cantengan yang tidak parah. Setidaknya anda bisa secara rutin merendam kaki dengan iar hangat selama 15 hingga 20 menit.
  2. Merendam Kaki Dengan Air Cuka Apel : Selama ini cuka apel dinilai sangat ampuh untuk mengatasi cantengan pada kaki jempol. Cara ialah dengan mencampur 60 ml cuka apel dengan air secukupnya menggunakan baskom. Rendam kaki selama 20 menit dan lakukan secara rutin.
  3. Mengoleskan Salep Antibiotik : Untuk langkah ini mungkin sangat ideal jika berkonsultasi dengan dokter. Sehingga resep salep yang digunakan lebih sesuai. Oleskan salep antibotik tersebut dan bungkus kaki dengan kain kasa.
  4. Mengganjal Kuku Dengan Kapas : Perlu dipastikan terlebih dahulu jika kapas yang digunakan masih baru. Tujuannya ialah supaya bisa menggeser kuku untuk tumbuh pada posisi yang benar.

Ketika semua langkah diatas sudah anda terapkan, namun kondisi semakin parah. Maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Tujuannya supaya infeksi yang terjadi tidak semakin parah. Serta bisa disembuhkan dengan langkah yang lebih tepat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News