oleh

Bagaimana Cara Merawat Motor Matic Tanpa Kick Starter?

Kabarin.co.idBagaimana Cara Merawat Motor Matic Tanpa Kick Starter? Tantu pertanyaan ini muncul ketika melihat motor tanpa dilengkapi adanya kick starter.

Seperti yang kita ketahui, motor keluaran terbaru saat ini memang sudah jarang menerapkan kick starter pada produk mereka.

Baik itu motor sport 150 cc, ataupun motor matic yang hanya mengandalkan sistem electric starter untuk bisa menyalakan mesin motor.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi masalah aki tekor ketika sedang di perjalanan? Dalam hal ini, mau tidak mau harus pakai kick starter untuk bisa menghidupkan mesin.

Sehingga bagi motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter tersebut, tentu secara terpaksa harus dorong motor.

Bagaimana Cara Merawat Motor Matic Tanpa Kick Starter?

Jawaban untuk penyelesaian masalah tersebut sebenarnya sangatlah sederhana. Jika melakukan perawatan yang benar, khususnya pada motor kekinian yang menerapkan teknologi injeksi, maka kehabisan aki tidak akan terjadi.

Akan tetapi, harus lebih rajin dalam mengecek kondisi aki tersebut. Apalagi aki sudah masuk pada usia 1,5 tahun keatas. Berikut rincian selengkapnya.

1. Lakukan Perawatan Aki Secara Berkala

Jika memang mempunyai motor tanpa kick starter, maka sudah sepatutnya melakukan perawatan berkala. Terutama ketika memasuki usia yang sudah kami sebutkan diatas.

Dalam hal ini, mekanik (bengkel) akan memersiksa votase aki. Jika aki dalam kondisi sehat, maka akan mempunyai tegangan 12 volt ketika motor mati.

Dan mempunyai tegangan 12,5 hingga 14 volt ketika mesin motor berjalan (menyala) tanpa beban.

2. Jangan Pasang Aksesoris Memakan Listrik

Terbilang penting untuk diperhatikan, jangan sesekali memasang aksesoris tambahan seperti halnya lampu atau perangkat lain yang menjadi beban aki.

Dengan kata lain, tips ini bertujuan untuk aki tidak cepat lemah, serta daya yang tersimpan tidak cepat terkuras.

3. Jangan Lupa Panaskan Motor

Tidak hanya pada motor yang masih menggunakan karburator, motor baru yang mayoritas injeksi pun juga perlu dipanaskan sebelum digunakan.

Tujuannya ialah supaya motor lebih awet dan juga mencegah aki cepat tekor lantaran selalu terisi daya. Khususnya untuk motor yang jarang dinyalakan.

4. Lakukan Service Rutin

Pada jenis motor tanpa menggunakan kick starter,  tentu perawatan yang diperlukan pun berbeda dengan motor lawas.

Perawatan tidak hanya dari sisi menghangatkan mesin, atau mengecek kondisi voltase aki. Melainkan juga harus diganti oli, mengecek air radiator, serta beberapa komponen lain.

Tujuannya ialah supaya kinerja mesin tetap optimal, dan juga semua komponen pendukung tidak mengalami masalah.

5. Gunakan Aki Jumper

Tips ini mungkin sangat penting untuk dipahami sehingga para pengendara motor yang mogok dijalan, bisa mengatasi masalah tanpa kebingungan.

Poin penting pada motor tanpa kick starter adalah aki, sehingga ketika tekor bisa meminta bantuan pada orang lain dengan mencoba aki jumper.

Yang dimaksud ialah dengan menyambungkan aki lain untuk bisa menyalakan motor. Yang diperlukan hanyalah kabel dengan ukuran sedikit panjang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News