oleh

Bareskrim Polri Turut Selidiki Penyebab Listrik Padam

Kabarin.co.id, Jakarta – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri turut menyelidiki penyebab dari padamnya listrik secara massal yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) siang.

“Yang jelas untuk dicari dulu penyebabnya, bisa jadi gangguan teknis, kemudian ada human error, kemudian gangguan lain. Gangguan lain sedang kita dalami juga, karena kita punya case tahun 2012 sama kejadian seperti ini juga kita blackout ada kejadian yang kita ungkap,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Lebih lanjut, Dedi menjelaskan bahwa pada tahun 2012, terdapat unsur kesengajaan pada padamnya listrik yang merupakan salah satu tindak pidana.

Akan tetapi, dirinya juga mengaku bahwa pihaknya enggan untuk tergesa-geas. Bareskrim masih bekerja sama dengan PLN untuk mencari penyebab secara ilmiah.

“Tim dari Bareskrim bekerja sama dengan PLN akan mendalami dulu apa faktor penyebabnya. Proses pembuktian secara ilmiah sangat penting untuk membuktikan apa yang jadi faktor penyebab utama kenapa terjadi blackout yang cukup lama,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, Minggu (4/8/2019) kemarin, PLN melakukan perbaikan pemeliharaan rutin pada jaringan Selatan. Masalahnya, gangguan juga terjadi pada sistem jaringan Utara pukul 11.48 WIB.

Awalnya, PLN melakukan transfer pasokan listrik dari Timur ke Barat dalam rangka efisiensi listrik murah. Dengan kondisi tersebut, secara otomatis transfer daya dari Timur ke Barat pindah jalur menuju Selatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News