oleh

BCA Menghimbau Nasabah Tak Pakai VPN Gratis Untuk Akses Mobile Banking

PT Bank Central Asia atau yang kita kenal dengan Bank BCA selalu memastikan bahwa layanan perbankan digital mereka, baik mobile banking maupun internet banking dapat diakses secara aman serta tidak mudah ditembus. Meskipun demikian, para nasabah dihimbau untuk tidak menggunakan sistem jaringan virtual pribadi atau Virtual Private Network (VPN) gratis ketika mengakses layanan perbankan digital melalui internet.

Direktur Bank BCA, Santoso, menuturkan data-data para nasabah perseroan sebenarnya tidak mudah untuk disadap meski diakses menggunakan VPN sekalipun. Tetapi, pihaknya mengaku tidak dapat menjamin tingkat keamanan yang disediakan oleh aplikasi VPN gratis.

“VPN gratis itu di ibaratkan sebuah lorong yang gelap. Lorong inilah yang nantinya dilewati data-data para nasabah. Nah, sedangkan kami tidak bisa tahu kualitas dari lorong tersebut bagus atau tidak. Jadi kalau ditanya mengenai VPN gratis, kami jawab lebih baik jangan pakai VPN,” tegas Santoso, seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/5).

Maka dari itu, ia menyarankan bagi para nasabah yang hendak mengakses mobile banking ataupun internet banking BCA untuk tidak menggunakan VPN gratis untuk alasan keamanan.

Santoso kembali menegaskan bahwa pihaknya menerapkan sistem keamanan berlapis dalam penyelenggaraan perbankan digital itu sendiri. Dengan demikian, data mobile banking maupun internet banking perseroan, sebenarnya tidak mudah untuk dibobol.

“Sistem keamanan yang kami terapkan pada Teknologi Informasi kami tentu sudah memiliki keamanan berlapis dan sudah melewati uji coba sedemikian rupa,” ujar Santoso.

Belakangan ini aplikasi penyedia VPN gratis mendadak ramai menjadi incaran masyarakat dan telah banyak diunduh pada Android maupun iOS. Hal tersebut juga bermula ketika pemerintah melakukan pembatasan akses pada sebagian media sosial menjelang aksi demo pada tanggal 21-22 Mei di Jakarta lalu.

Pembatasan yang dilakukan pemerintah pada waktu itu sebenarnya hanya membatasi fitur unggah dan unduh foto ataupn video pada aplikasi WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Hal tersebut dilakukan pemerintah dengan alasan untuk menekan maraknya peredaran informasi palsu atau hoax yang berisikan provokasi aksi demo yang di gelar di sekitaran kantor Bawaslu RI waktu lalu.

Akses yang serba terbatas inilah yang akhirnya membuat masyarakat beramai-ramai mengunduh Aplikasi VPN gratis demi mengakali pembatasan akses yang dilakukan pemerintah tersebut. Disaat yang sama pula muncul pesan berantai tentang imbauan menggunakan VPN ketika bertransaksi mobile banking dan internet banking.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News