Menu

Mode Gelap

badai ida · 8 Sep 2021 06:09 WIB ·

Biden Beri Warning Ancaman Dunia Selain Covid, AS Sudah Kena – Kabarin.co.id


 Biden Beri Warning Ancaman Dunia Selain Covid, AS Sudah Kena – Kabarin.co.id Perbesar

Jakarta, kabarin.co.id – Ancaman global selain Covid-19 yakni perubahan iklim kian nyata. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahkan kembali menyuarakan keprihatinannya terhadap bahaya pemanasan global ini.

Ia bahkan menyebut bahwa dunia sedang diberikan “kode merah” dan AS sudah terkena dampak. Ini ditandai oleh datangnya Badai Ida yang menerjang Negeri Paman Sam.

Pilihan Redaksi
  • Ancaman Ngeri di Tengah Covid Makan Korban Lagi: India!
  • New York Banjir Gegara Badai Ida, 44 Orang Meninggal
  • Waspada, Indonesia ‘Dihantui’ Badai Chanthu & Conson!

“Kita harus mendengarkan para ilmuwan dan ekonom dan pakar keamanan nasional. Mereka semua memberi tahu kita ini ‘kode merah’,” kata Biden saat mengunjungi korban badai Ida di New York dikutip AFP, Rabu (8/9/2021).

Biden juga menambahkan bahwa dunia memerlukan upaya lebih dalam mengurangi emisi global. Bila tidak, presiden asal Delaware itu mengatakan bahwa bencana-bencana ini akan terus menerus terjadi dan tidak akan berhenti.

“Bencana-bencana ini tidak akan berhenti. Mereka hanya akan datang dengan frekuensi dan keganasan yang lebih banyak,” tegasnya.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Biden kerap kali memasukkan agenda perubahan iklim dalam pidatonya. Bahkan ia sempat menyebutkan bahwa Jakarta juga mengalami ancaman perubahan iklim.

“Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur…,” ujarnya dalam sebuah pidato bulan lalu

“…Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?”

Tak hanya Biden, ancaman serupa juga pernah disampaikan oleh Menkeu RI Sri Mulyani. Sri Mulyani bahkan menyebut bahwa ancaman perubahan iklim adalah sebuah ancaman yang sangat bahaya dan menghantui dunia setelah pandemi Covid-19.

“Sama seperti pandemi, tidak ada satu negara yang bisa escape atau terbebas dari ancaman climate change. Bahkan sama seperti pandemi, negara yang paling tidak siap dari sisi sistem kesehatannya, dari sisi kemampuan fiskalnya, dari sisi disiplinnya dan dari kemampuan untuk mendapatkan vaksin dan melakukan vaksinasi mereka mungkin akan terkena paling berat dampaknya dari pandemi,” katanya.

Badai Ida menerjang AS sejak minggu lalu. Hujan disertai angin topan membuat sejumlah wilayah diterpa banjir bandang. Hingga kini lebih dari 50 orang tewas akibat badai tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Sumber kabarin.co.id

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditahan KPK

25 September 2021 - 00:19 WIB

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin ditahan KPK

KCCI Gelar Pameran Foto Jeju-Bali

25 September 2021 - 00:14 WIB

KCCI Gelar Pameran Foto Jeju-Bali

WHO Warning RI Soal Jabar, Banten, Jatim dan Jateng, Kenapa? – Kabarin.co.id

25 September 2021 - 00:10 WIB

Zenius kenalkan Zeniusland, ruang permainan edukatif beranimasi

24 September 2021 - 23:59 WIB

Zenius kenalkan Zeniusland, ruang permainan edukatif beranimasi

KPK Tetapkan Wakil Ketua DPR Tersangka Dugaan Korupsi – Kabarin.co.id

24 September 2021 - 23:50 WIB

Alasan Motor Tak Dapat Jatah Diskon PPnBM 100 Persen

24 September 2021 - 23:43 WIB

Sebagian motor yang dijual di Indonesia tidak dibebani PPnBM dari pemerintah, kecuali yang jenisnya di atas 250 cc.
Trending di News