oleh

Bikin Heboh, Dua ABK WNI Nekat Lompat Dari Kapal China

Kabarin.co.id, Jakarta – Pemberitaan tentang warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) kembali mencuat. Dan kali ini, terdapat dua orang ABK WNI yang dilaporkan sudah melompat dari kapal ikan dengan bendera China.

Peristiwa tersebut juga dibenarkan oleh Direktur Perlindungan WNI dan badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Judha Nugraha.

Pada pemaparannya, Judha mengungkap jika salah satu diantara dua ABK tersebut berasal dari Sumbawa.

Disebutkan, kedua ABK nekat melompat dari kapal dengan bendera RRT, Lu Qing Yian Yu 901. Dan keduanya ditemukan oleh nelayan, Sabtu (6/6/2020).

“Lalu kedua ABK pada 6 Juni ditemukan oleh nelayan Indonesia dan dilaporkan ke Polsek Tebing Karimun,” papar Judha seperti dalam konferensi pers virtual Kemenlu pada Rabu (10/6/2020).

Lebih lanjut, Yudha juga menyebut jika kedua WNI tersebut saat ini sedang berada di Polsek Tebing Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, dan dalam keadaan sehat.

Akan tetapi, sangat disayangkan jika hingga kini masih belum diketahui alasan kenapa kedua ABK tersebut harus nekat melompat dari atas kapal.

Diketahui, sebelumnya muncul pemberitaan tentang ABK setelah beredarnya sebuah video jenazah ABK WNI yang dilarung ke laut.

Kejadian tersebut juga langsung menjadi perhatian publik. Pasalnya, beberapa ABK WNI yang lain juga mengaku “diperbudak” lantaran disuruh bekerja hampir 24 jam dan diberi makanan yang tidak layak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News