Bos BI: Ayo Ayo Ayo Bank Swasta Turunkan Bunga Kredit – Kabarin.co.id

  • Bagikan

Jakarta, kabarin.co.id – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo lagi-lagi meminta perbankan untuk menurunkan suku bunga kreditnya. Kali ini ditujukan untuk bank-bank daerah dan swasta.

Menurutnya, bank-bank himbara telah menurunkan suku bunga kreditnya sejalan dengan penurunan suku bunga Bank Indonesia yang saat ini berada di level 3,5% atau terendah sepanjang sejarah.

“Sekarang tinggal BPD (Bank Pembangunan Daerah) dan bank-bank swasta lain, ayo ayo ayo turunkan suku bunga supaya kita terus mendorong ekonomi kita,” ujarnya dalam Sarasehan Akselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional di Bali, Jumat (9/4/2021).

Perry menjelaskan, Himbara telah melakukan penurunan bunga kredit terlihat dari SBDK (Suku Bunga Dasar Kredit) nya yang saat ini tercatat 8,7% dari sebelumnya 10%. Langkah ini dinilai sangat baik sehingga bisa meningkatkan kredit.

Lanjutnya, kenaikan kredit juga sudah terlihat sejak Pemerintah dan BI mengeluarkan kebijakan di sektor otomotif dan properti. Meski kenaikan kredit tidak signifikan tetapi lebih baik dari sebelumnya yang mengalami penurunan.

“Alhamdulilah kredit properti sudah mulai naik. Orang sudah mulai beli. Pembelian apartemen khusus menengah atas naik, belum kuat tapi sudah belok ke atas. Jadi koordinasi KSSK dorong kredit mulai naik,” jelasnya.

Pada intinya, Perry mengatakan semua langkah yang dilakukan BI melalui kebijakan moneternya mengarah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian Nasional.

“Jadi seluruh kebijakan BI mendukung pertumbuhan ekonomi. BI all out dukung pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)

Sumber kabarin.co.id

  • Bagikan