oleh

Capai Kesepakatan Dengan Rusia, Turki Hentikan Operasi Militer Di Suriah

Kabarin.co.id, Ankara – Turki menerbitkan pengumuman bahwa operasi militer yang dilakukan di Suriah, tepatnya dengan nama Oprasi Damai Musim Semi, sudah resmi dihentikan. Pengumuman tersebut dikeluarkan pasca tercapai kesepakan antara Presiden Turki, Tayyep Erdogan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Sochi.

“Turki tidak akan pernah membiarkan koridor teror didirikan di selatan perbatasannya dan perjuangan tegas kami melawan terorisme akan terus berlanjut,” ungkap Kementerian Pertahanan pada sebuah pernyataan, dikutip dari Yeni Safak, Rabu (23/10/2019).

Dijelaskan pula bahwa pernyataan tersebut merujuk pada Operasi Perdamaian Musim Semi, yang meluncur pada 9 Oktober lalu guna memberantas teroris di Suriah Utara bagian timur Sungai Efrat. Tujuannya ialah untuk mengamankan perbatasan Turki, dan juga memastikan pengungsi Suriah kembali dengan aman.

Pada pernyataan juga digaris bawahi dengan akhir jeda selama 120 jam, AS melaporkan jika penarikan kelompok teror PKK/YPG dari zona aman yang ditentukan sudah selesai.

Delegasi AS dipimpin oleh Wakil Presiden Mike Pence, melakukan kunjungan kerja ke Ibu Kota Turki, Ankara. Mereka bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, serta membahas terkait operasi anti-teror Turki.

AS dan Turki setuju jika zona aman 32 kilometer bagian selatan perbatasan Turki di Suriah. “Kami telah menunjukkan sensitivitas dalam memenuhi semua kewajiban yang kami sepakati,” isi pernyataan itu.

“Dengan menciptakan koridor perdamaian di daerah itu, kami akan memastikan kembalinya saudara-saudari Suriah yang aman dan sukarela ke rumah dan tanah mereka,” lanjut pernyataan tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News