oleh

Cara Buat Pupuk Alami Untuk Anggrek

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Buat Pupuk Alami Untuk Anggrek? Jika mendengar pertanyaan ini, tentu akan membuat anda mencari referensi dengan jawaban yang paling sesuai.

Dengan canggihnya teknologi saat ini, menjadikan banyak informasi yang bisa kita dapat dengan mudah. Salah satunya artikel rangkuman yang kami tulis berikut ini.

Meski terdapat banyak macam bahan alami yang bisa kita pakai untuk alternatif pupuk tanaman. Namun yang paling familiar ialah air kelapa, tentu setelah penggunaan pupuk kandang. Umumnya pupuk ini dipakai saat menerapkan sistem tanam hidroponik.

Umumnya air kelapa dibuang begitu saja dan hanya menjadi limbah. Akan tetapi, siapa yang menyangka jika air ini juga bisa membuat bunga anggrek tumbuh lebih subur dan cepat berbunga.

Pemberian pupuk air kelapa pada anggrek atau tanaman yang lain, dipercaya mampu menjadikan tanaman lebih rajin berbunga serta meningkatkan produktifitas dari tanaman tersebut. Terlebih lagi, pupuk air kelapa bisa diolah menjadi pupuk organik cair ataupun diaplikasikan secara langsung.

Cara Buat Pupuk Alami Untuk Anggrek

Kenapa harus menggunakan air kelapa? Berdasar dari penelitian, air kelapa mempunyai kandungan nutrisi penting yang diperlukan oleh tanaman anggrek.

Kandungan tersebut yang akhirnya menjadi hormon pertumbuhan bagi tanaman. Cara penerapannya pun cukup sederhana, cukup menyemprotkan air kelapa pada akar tanaman sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Cara Membuat Pupuk Anggrek Dengan Air Kelapa

Selain bisa digunakan secara langsung sebagai pupuk, air kelapa juga bisa diolah menjadi pupuk organik cair. Tujuannya ialah agar pupuk bisa lebih mudah diserap oleh tanaman.

Pada proses pembuatan pupuk air kelapa ini, dipadukan dengan air cucian beras, sehingga pupuk organik cair mempunyai kandungan vitamin B1. Untuk langkah-langkahnya ialah :

→ Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Air kelapa sebanyak 1 liter
  • Air cucian beras pertama kali 1 liter
  • EM4 sebanyak 2sdm
  • Molase atau tetes tebu sebanyak 5 tutup botol air mineral. Bisa diganti larutan gula pasir/merah yang dilarutkan air (air 250 ml + gula pasir / gula merah 100 gram).
  • Air bersih
  • Jerigen ukuran 5 liter.

→ Langkah Pembuatan Pupuk :

  • Masukkan semua bahan pada jerigen 5 liter yang sudah disiapkan.
  • Tambahkan air bersih hingga batas pegangan tangan jerigen. (jangan terlalu penuh agar ada ruang untuk gas / udara)
  • Tutup jerigen selama satu minggu, beri lubang kecil dengan selang pada tutup jerigen. Ujung selang yang satu dimasukkan kedalam botol air mineral dan diisi air hingga penuh. (selang ini mempunyai fungsi untuk membuang gas, jika tidak diberikan selang, buka tutup botol sehari sekali untuk membuang gas.
  • Setelah satu minggu, pupuk air kelapa pun sudah siap digunakan.

→ Cara Menggunakan Pupuk

Untuk menggunakan pupuk sangatlah sederhana, yakni dengan menyemprotkan cairan tersebut pada bagian batang, daun, dan akar dengan takaran 2 tutup jerigen pupuk air kelapa dicampur air bersih 2 liter. Anda bisa menyemprotkannya 2 kali dalam seminggu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News