oleh

Cara Dan Tips Mengatur Keuangan Saat Corona Atau COVID-19

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Dan Tips Mengatur Keuangan Saat Corona Atau COVID-19? Pertanyaan ini bisa saja muncul pada setiap benak orang. Sebab seiring merebaknya pandemi, berdampak pada perekonomian masyarakat.

Dalam hal ini, tentu anda memerlukan triks untuk mengatur ulang strategi manajemen. Baik itu untuk keuangan pribadi ataupun keluarga.

Nah, seiring dengan banyaknya perusahaan yang harus memotong gaji hingga melakukan PHK. Tidak sedikit pula para pengusaha yang harus gulung tikar lantaran kondisi keuangan tidak diatur dengan benar.

Cara Dan Tips Mengatur Keuangan Saat Corona Atau COVID-19

Tidak bisa dipastikan kapan pandemi Corona akan selesai, namun akan lebih bijak jika anda sudah mulai mengatur strategi agar keuangan lebih terkontrol dan tetap stabil. Apa saja solusi yang harus dulakukan?

Melakukan Evaluasi Sumber Penghasilan

Teruntuk bagi anda yang mempunyai penghasilan bulan tanpa ada potongan, mungkin tidak harus khawatir dengan beberapa kemungkinan yang akan terjadi di masa akan datang.

Namun dengan kewaspadaan yang lebih sigap, tentu anda tidak seharusnya menganggap remeh masalah tersebut. Apapun sumber penghasilan anda, tetap harus ada persiapan agar tidak banyak hutang di kemudian hari.

Lakukan evaluasi pada sumber penghasilan anda. Coba prediksi semua kemungkinan dan usahakan anda siap untuk menghadapi masa sulit.

Hindari Pembelian Dengan Sistem Kredit

Meski anda berada pada kondisi ingin sesuatu, alangkah lebih baik menunda terlebih dahulu. Apalagi barang yang dimaksud menggunakan sistem cicilan.

Tunda pembelian barang atau lainnya yang dirasa tidak terlalu penting. Tujuannya ialah untuk berhemat dan menyimpan uang untuk kebutuhan yang lain di kemudian hari.

Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Bagi anda yang bekerja di perusahaan yang terkena dampak krisis akibat pandemi. Bisa saja akan berujung pada pemotongan gaji atau risiko PHK lebih besar.

Sampai pada poin ini, anda harus lebih pintar dalam memutar otak. Salah satunya ialah membuka lahan bisnis (usaha) yang sekiranya bisa menambal kebutuhan harian. Baik itu pesan antar makanan (catering) dan yang lainnya.

Menyisihkan Uang Untuk Ditabung

Apabila jumlah gaji anda masih bisa menyisakan uang, maka akan lebih baik jika mengalokasikan sisa dana tersebut untuk menabung atau investasi.

Dalam hal ini, anda bisa membuka tabungan berjangka yang disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari 1 hingga 1 tahun dengan sistem autodebet.
Ada beberapa keuntungan ketika anda membuka tabungan berjangka, yakni bunga yang diberikan lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa.

Namun bagaimana jika anda tergolong orang yang takut riba? Tentu untuk memutar uang tidak harus investasi. Selain ditabung, anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk modal bisnis kecil-kecilan.

Bagaimana? Apa penjelasan yang kami ulas diatas masih kurang lengkap? Poin yang paling penting disini ialah anda dituntut untuk lebih berhemat. Kurangi belanja barang-barang yang sekiranya tidak dibutuhkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News