oleh

Cara Investasi Emas Untuk Pemula

Kabarin.co.id – Berdasar dari beberapa sumber, Cara Investasi Emas Untuk Pemula tampak begitu sangat sederhana. Yang terpenting ialah memahami terlebih dahulu, sehingga proses investasi tidak mengalami kerugian.

Seperti yang kita ketahui, emas menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan program investasi. Hal ini dikarenakan emas dianggap paling aman dibanding dengan jenis investasi lain.

Banyak yang menilai, investasi emas mempunyai risiko kerugian yang rendah, serta bisa menahan kenaikan harga ataupun inflasi.

Terlepas dari itu, emas juga mempunyai nilai yang cenderung stabil dalam jangka waktu panjang. Sedangkan untuk kelebihan lainnya, emas mempunyai likuiditas tinggi yang bisa dijual dengan cepat pada saat dibutuhkan.

Cara Investasi Emas Untuk Pemula

Terlepas dari beberapa keunggulan yang sudah kami sebutkan diatas, emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi paling baik. Untuk sekedar tambahan referensi, berikut beberapa tips tentang cara investasi emas untuk pemula.

1. Menentukan Tujuan Dan Perencanaan

Sebagai poin pertama, perlu dilakukan penentuan tujuan sebelum benar-benar investasi emas. Sehingga untuk kebelakangnya, tidak hanya berpikir untuk membeli, menyimpan, dan menjualnya di waktu yang salah.

Dalam hal ini, investor harus mempunyai tujuan, semisal ialah investasi emas untuk biaya pernikahan yang akan dilakukan beberapa tahun mendatang.

2. Perhatikan Kemampuan Finansial

Investasi harus dimulai dengan dana yang lebih. Sehingga ketika setiap bulan sudah menghasilkan surplus, maka kelebihan dana tersebut bisa dialokasikan apda investasi lain supaya lebih berkembang.

Hindari mengorbankan semua penghasulan atau sampai rela berhutang demi memperoleh keuntungan investasi. Dengan kata lain, investor juga harus mempunyai cadangan dana darurat.

3. Memilih Waktu Investasi

Saat investor sudah mempunyai keinginan untuk investasi emas. Maka sudah seharusnya lebih rajin dalam memantau harga emas di pasaran. Terlepas dari itu, perlu juga mempelajari bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas tersebut.

Kondisi tersebut sangat penting untuk menentukan waktu terbaik dalam membeli ataupun menjual emas supaya memperoleh keuntungan yang maksimal.

4. Pilih Jenis Emas Yang Sesuai

Untuk investor pemula dalam bentuk logam mulia, bisa disebut jika jenis investasi ini lebih menguntungkan. Dengan kata lain, sangat cocok menjadi simpanan masa depan dibanding dengan bentuk investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Kelebihan lain dari emas logam mulia ialah mempunyai harga jual tinggi. Cukup berbeda dengan emas perhiasan yang harga jualnya lebih rendah.

5. Penyimpanan Emas Yang Aman

Tidak sedikit orang yang ceroboh dengan menyimpan emas sembarang sehingga memicu risiko hilang. Menyimpan emas bisa di brankas atau dalam safe deposit box (SDB), secara umum penyimpanan ini disediakan oleh pihak bank.

Dalam hal ini, investor juga bisa memanfaatkan layanan Brankas PT Antam yang memberikan penawaran sistem keamanan terpadu 24 jam. Atau bisa juga dengan tabungan emas Pegadaian yang sangat mungkin bagi orang untuk menabung emas tanpa menyimpan fisiknya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News