oleh

Cara Membuat 2 Air Terjun Aquascape

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Membuat 2 Air Terjun Aquascape? Pertanyaan ini bisa saja muncul bagi kalangan penggemar ikan hias. Sebab untuk bisa mempunyai akuarium yang indah, tidak harus mengeluarkan modal yang besar.

Dikutip dari Ikanesia.id, cara membuat Aquascape Air Terjun ini menggunakan modal murah, yakni hanya membutuhkan 2 pipa paralon, sambungan T, aerator, dan penyusunan yang tepat.

Seperti yang kita ketahui, air terjun memanglah indah, akan tetapi, harganya begitu mahal serta perlu dana yang lebih untuk bisa memilikinya.

Namun, pada dasarnya anda juga bisa membuat air terjun sendiri, modalnya pun terbilang sangat minim. Terlebih algi, bahan dan cara pembuatan tidaklah sulit, yang terpenting ialah teliti serta mengikuti petunjuk yang sudah kami rangkum ini.

Cara Membuat 2 Air Terjun Aquascape

Hal yang menjadi poin disini ialah mempersiapkan bahan dan juga langkah-langkah untuk pembuatan. Beberapa bahan yang diperlukan diantaranya :

  • 1 Double aerator (mesin pembuat gelembung)
  • 1 pipa paralon diameter 2 inci dengan tinggi 30 cm (Paralon A)
  • 1 pipa paralon diameter 2 inci dengan tinggi 10 cm (Paralon B)
  • 1 selang aerator
  • 1 sambungan paralon letter T
  • 1 sambungan belokan
  • obeng (untuk melubangi paralon)
  • penampungan pasir dengan permukaan miring
  • pasir silika

Cara Membuat Aquascape Air Terjun

Pembuatan aquascape sangatlah mudah, bahkan bisa dikatakan anti gagal. Namun anda harus jeli dalam menyusun sambungan dari beberapa bahan diatas.

  1. Pasangkan sambungan paralon letter T dengan pipa yang mempunyai tinggi (10 cm / Paralon B). Pada bagian atas, akan berfungsi sebagai tempat selang aerator, serta bagian bahwa depan sebagai keluarnya pasir.
  2. Sambungkan belokan dengan ujung pipa paralon B, pastingan sambungan kencang supaya tidak berpengaruh pada kekuatan air terjun.
  3. Masukkan selang aerator beserta dengan aeratornya melalui ujung sisi atas sambungan paralon T. Keluarkan selang serta aerator melalui ujung sambungan belokan.
  4. Lubangi paralon A pada sisi depan dengan ukuran lubang (3-5 cm) di bagian bahwa guna tempat menyedot pasir.
  5. Pasangkan paralon B pada sambungan paralon, serta pastikan masukkan selang aerator dan aeratornya ke dalam paralon B.
  6. Pasang penampung pasir pada depan mulut lubang paralon B bagian bawah. Bentuk penampungan pasir yang miring supaya pasir bisa turun otomatis.
  7. Masukkan serangkan pipa paralon ke dalam air untuk percobaan. Jangan lupa pasang pasir silika dalam penampungan.
  8. Selesai

Finishing

Untuk proses akhir, semua disesuaikan dengan selera atau desain yang diinginkan. Bisa dnegan memasukkan rangkaian air terjun ke dalam desainmirip kayu, atau bisa pula dengan desain mirip bebatuan air terjun.

Sekedar catatan, akan lebih baik jika paralon dengan desain finishing air terjun tidak permanen. Hal ini dengan tujuan agar ketika air terjun tidak berjalan baik, bisa diperbaiki dengan mudah.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba sendiri dirumah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News