oleh

Cara Membuat Dan Menggunakan Google Form

Kabarin.co.id – Secara dasar, untuk tata Cara Membuat Dan Menggunakan Google Form sebenarnya bisa disimak langsung dari pusat bantuan Google.

Akan tetapi, dengan singkatnya penjelasan yang diberikan, tentu tidak sedikit pula beberapa golongan yang masih bingung dengan langkah-langkah tersebut.

Oleh karena itu, untuk sekedar tambahan referensi, atau sekedar menambah wawasan terkait cara membuat Google Formulir. Maka tidak ada salahnya jika disini kami berusaha untuk menjabarkannya.

Seperti yang kita ketahui, Google Formulir mempunyai peranan sangat penting. Seperti halnya mengadakan kuis, mengisi jajak pendapat, atau beberapa hal lain yang berhubungan dengan survei.

Nah pertanyaannya adalah, bagaimana cara menggunakan Google Formulir tersebut? Untuk memberikan jawaban yang lebih pasti, maka bisa disimak pada rangkuman berikut.

Cara Membuat Dan Menggunakan Google Form

Google selaku raksasa internet dunia, memberikan pelayanan bernama Google Formulir yang bisa digunakan untuk membuat survei ataupun kuis online.

Uniknya, formulir yang sudah dibuat, bisa dikirimkan pada orang lain. Yang secara tidak langsung bisa ikut berpartisipasi dalam mengisi kuis atau formulir yang dimaksud.

Untuk membuat Google Form sendiri, bisa menggunakan beberapa produk Google lainnya. Seperti Google Drive dan juga Google Spreadsheet.

1. Cara Membuat Google Form Atau Kuis Baru

– Membuat Google formulir langsung, langkah-langkahnya ialah :

  • Buka link forms.google.com
  • Pada bilah kosong, langsung saja klik (+)
  • Selanjutnya formulir baru akan terbuka.

– Membuat Formulir dari Google Drive

Pada saat pengguna ingin mebuat Google Formulir, maka secara otomatis akan tersimpan di Google Drive. Dan untuk membuat formulir langsung dari Google Drive, maka bisa mengikuti langkah ini :

  • Dari kompuuter atau pc, buka drive.google.com
  • Pada bagian kiri atas, langsung klik Baru
  • Klik pada Lainnya dan pilih Google Formulir

– Membuat Formulir Dari Google Spreadsheet :

Ketika hendak membuat formulir menggunakan Google Spreadsheet, maka respons (jawaban dari pengguna lain) akan tersimpan di sheet baru. Kondisi ini hampir serupa dengan penyimpanan Google Drive.

  • Dari komputer, buka spreadsheet di sheets.google.com
  • Klik Sisipkan dan pilih Formulir
  • Selanjutnya, sheet baru akan muncul di spreadsheet, serta formulir baru akan terbuka.

Setelah melalui tahapan pada poin pertama diatas, yakni cara membuat. Maka proses selanjutnya ialah mengedit. mengganti, dan juga mengirim formulir supaya online.

2. Mengedit Dan Format Formulir atau Kuis

Setelah formulir suskses dibuat, maka pengguna pun bisa menambahkan, mengedit, atau memformat ulang teks, gambar, dan juga video yang ada pada formulir.

Disini kami tidak bisa menjelaskan secara detail, namun beberapa fitur pada poin dua ini sudah bisa dilihat langsung ketika pengguna membuka formulir dalam keadaan login.

Beberapa poin lain yang masuk pada kategori ini ialah mengedit formulir, membuat kuis, dan juga memilih lokasi penyimpanan untuk tanggapan formulir yang sudah dibuat.

3. Mengirim Formulir Agar Bisa Diisi Oleh Orang Lain

Jika langkah pada poin pertama dan kedua sudah rampung, maka pengguna pun bisa mengirim formulir pada orang lain. Tujuannya ialah supaya respons yang diperoleh bisa terkumpul.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News