oleh

Cara Membuat Google Classroom Di Android

Kabarin.co.id – Saat melakukan pencarian terkait Cara Membuat Google Classroom Di Android, mungkin pengguna sudah disajikan beberapa informasi yang bersumber langsung dari Google.

Akan tetapi, masih saja ada orang yang merasa bingung dengan beberapa langkah yang harus diterapkan. Sehingga matu tidak mau, kami pun merasa tertantang untuk berbagi mengenai hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui, mempunyai peran sebagai pengajar mempunyai kewajiban untuk membuat classroom. Dan menjadi poin pertama untuk membuat kelas untuk media pembelajaran.

Dan di classroom ini, pengguna bisa memberikan tugas serta memposting pengumuman kepada siswa. Sehingga tidak mengharuskan keluar rumah untuk bisa mengakses kelas tersebut.

Dan siapapun yang mempunyai usia diatas 13 tahun, bisa membuat kelas dengan memanfaatkan Akun Google pribadi. Akan tetapi, jika sekolah mempunyai akun G Suite for Education, maka pengguna diharuskan untuk menggunakan email tersebut untuk membuat kelas.

Cara Membuat Google Classroom Di Android

Jika membuat kelas menggunakan media komputer sudah lazim dilakukan. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat kelas menggunakan ponsel android?

Pada dasarnya, langkah yang harus diterapkan tidak mempunyai perbedaan yang mencolok. Yakni dengan mengakses link untuk membuka classroom tersebut.

Untuk mempersingkat waktu dan mempercepat proses pembuatan classroom, mungkin tutorial sederhana dibawah ini bisa membantu.

  1. Untuk bisa membuat kelas, silahkan kunjungi link Classroom
  2. Ketuk pada bagian buat kelas, atau lanjutkan jika anda sudah dalam keadaan login akun Google.
  3. Ketuk Tambahkan (+) dan arahkan pada Buat Kelas
  4. Masukkan atau tentukan nama kelas yang dikehendaki.
  5. Sebagai opsional, untuk bisa memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas. Bisa menekan (tap) pada bagian dan masukkan detail yang dimaksud.
  6. Opsional selanjutnya yakni untuk menentukan lokasi kelas, maka bisa tap pada Ruangan dan masukkan detail yang dihendaki.
  7. Opsional ketiga ialah untuk menambahkan mata pelajaran. Dalam hal ini, pengguna bisa tap pada bagian Mata Pelajaran dan masukkan nama pelajaran yang dimaksud.
  8. Untuk langkah terakhir alias penyelesaian, maka cukup dengan mengetuk Buat.

Sebagai langkah lanjutan, khususnya bagi pengguna yang membuat kelas baru, Classroom akan membuat kode kelas secara otomatis.

Pada tahap ini, pengguna bisa menggunakan kode kelas untuk mengundang siswa pada kelas yang sudah dibuat tersebut. Bahkan pengguna juga bisa melihat kode kelas setiap saat di halaman forum.

Bagaimana jika mengalami masalah ketika membuat kelas? Menurut yang kami rangkum dari halaman bantuan Google, ada penjelasan sederhana yang bisa dipelajari.

Ketika pengguna mempunyai akun G Suite for Education, namun tidak bisa menambahkan kelas, maka administrator dari G Suite Classroom tersebut perlu memverifikasi bahwa pengguna merupakan pengajar.

Langkah yang perlu dilakukan ialah dengan menghubungi administrator guna memperoleh bantuan. Dan untuk mengetahui petunjuknya, administrator bisa membuka atau memverifikasi pengajar serta menetapkan izin.

Untuk catatan!!! Jika pengguna mempunyai akun Google pribadi, ada beberapa batasan untuk jumlah kelas yang bsia dibuat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News