oleh

Cara Membuka Opsi Pengembang Samsung

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Membuka Opsi Pengembang Samsung? Opsi Pengembang (Developer Option) merupakan salah satu fitur tersembunyi. Fitur ini bisa ditemukan pada pengaturan di perangkat HP Android.

Sedangkan untuk fungsinya sendiri, bisa dipergunakan untuk para developer android. Khususnya dalam menguji dan mengetest pengembangan aplikasi android.

Pada fitur opsi pengembang ini, anda bisa menggunakan fitur USB Mode Debugging yang bisa menghubungkan perangkat Android dengan PC atau Laptop.

Peranannya sangat penting dalam menangkap laporan adanya BUG, kinerja atau performa aplikasi, penggunaan CPU, dan juga beberapa fitur lain yang masih terkait.

Secara dasar, fitur developer options tersedia pada semua merk ponsel. Baik itu Oppo, Vivo, Samsung, Xiaomi dan yang lainnya.

Jika secara default atau bawaan, apabila anda baru membeli smartphone, dengan OS android yang masih fresh, maka fitur developer options ini akan disembunyikan. Jadi anda harus membukanya secara manual.

Cara Membuka Opsi Pengembang Samsung

Yang menjadi poin pertanyaan disini, bagaimana cara mengaktifkan fitur Opsi Pengembang pada ponsel Samsung? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Langkah pertama tentunya anda harus mempunyai ponsel Samsung. Dalam keadaan aktif tidak terkunci dan siap untuk di operasikan.
  • Selanjutnya, masuk pada menu Setting (pengaturan)
  • Dilanjutkan dengan memilih About Phone (Tentang Ponsel)
  • Tahap berikutnya, anda bisa memilih Software Information (Informasi software), masih pada bagian menu ini, anda pilih atau tap dengan cepat pada Build Number. Langkah ini anda lakukan hingga keluar atau muncul pesan “Developer Mode Sudah Aktif”
  • Proses selanjutnya, anda bisa kembali pada menu Setting (pengaturan).
  • Jika langkah yang diterapkan sudah benar, maka seharusnya menu Opsi Pengembang sudah muncul. Dalam hal ini, pada menu Setting, geser ke bagian paling bawah, Opsi Pengembang akan muncul di bawah menu About Phone.
  • Kemudian, anda bisa masuk pada menu “Developer Option”, kemudian jika ponsel kalian terhubung ke PC atau Laptop. Anda bisa mengaktifkan mode developer options, dan juga USB debugging.
  • Secara dasar, fitur Opsi Pengembang ditujukan untuk para programmer atau developer android. Tujuannya ialah untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi android.

Nah kenapa kami berbagi mengenai tips opsi pengembang ponsel Samsung ini. Tentu tidak lain karena Samsung masuk pada jajaran ponsel teratas yang paling banyak digunakan. Sehingga sedikit banyak, tips ini akan sangat membantu bagi para pengguna yang masih belajar.

Bagaimana? Sangat mudah dan sederhana saja bukan? Langkah diatas mungkin akan berbeda pada model atau type tertentu. Namun yang jelas, rangkaian langkahnya tidak beda jauh. Anda hanya perlu mencari menu Tentang Ponsel dan ikuti tahapan yang sudah kami sebutkan diatas.

Mungkin hanya itu penjelasan tentang artikel cara mengaktifkan developer option di hp Samsung. Semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News