oleh

Cara Mendinginkan Ruangan Dengan Air

Kabarin.co.id – Ada beberapa Cara Mendinginkan Ruangan Dengan Air, sehingga masalah suhu yang tinggi pada kamar, bisa diselesaikan dengan cara paling sederhana.

Ketika cuaca sedang cerah, suhu panas pada ruangan tidak bisa dihindari. Khususnya pada ruangan yang sempit, kurang ventilasi, atap rendah, atau bahkan atap sendiri menggunakan seng dan asbes.

Kondisi ini sering sekali menjadi masalah bagi kalangan orang yang kontrak atau ngekos di daerah perkotaan. Yang mayoritas berlokasi pada tempat sempit dan minim ventilasi.

Nah, jika anda memang ingin mempunyai kamar atau ruangan yang sejuk, sedangkan untuk memasang AC masih tidak mampu. Maka masih ada cara alternatif yang bisa dilakukan.

Supaya pengetahuan anda lebih lengkap, serta informasi yang diberikan tidak sepotong-sepotong, maka akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga tuntas.

Cara Mendinginkan Ruangan Dengan Air

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara alternatif supaya ruangan yang pengap dan panas bisa terasa lebih sejuk. Namun sebelumnya, mari kita pelajari terlebih dahulu penyebab dari suhu panas tersebut. Beberapa diantaranya mencakup :

# Terkena Paparan Sinar Matahari

Ketika kamar anda memang mempunyai intensitas terkena cahaya matahari yang lebih tinggi, tidak mustahil jika suhu di dalam ruangan akan terasa sangat panas.

Apalagi pada jam-jam tertentu di siang hari, yang suhu panasnya menyebabkan kulit terasa terbakar. Jika menyalakan kipas, justru suhu dalam ruangan semakin menyiksa, bahkan panasnya seperti berputar-putar.

# Kurang Ventilasi Udara

Banyak dari tempat kos atau kontrakan yang hanya menyediakan sedikit ventilasi udara. Secara tidak langsung, kondisi tersebut akan membuat pergantian udara menjadi tidak maksimal.

Jika memang hendak ngekos atau ngontrak rumah di perkotaan yang padat, akan lebih baik jika diperhatikan ketersedian jendela dan ventilasi rumah tersebut.

# Dekat Dengan Area Panas

Karena ruangan yang sempit, tidak sedikit orang yang menata dapur didalam ruangan itu juga. Padahal kondisi tersebut justru membuat ruangan semakin panas.

Terlepas dari itu, penggunaan lampu juga berpengaruh pada suhu ruangan. Sehingga untuk mengurangi pengap, gunakanlah lampu yang hemat energi dan tidak menimbulkan suhu panas.

Pertanyannya, bagaimana Cara Mendinginkan Ruangan Dengan Air? Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut triks sederhana yang bisa dilakukan.

1. Menaruh Botol Isi Air Di Depan Atau Belakang Kipas Angin

Tidak sembarang air, melainkan botol yang di isi dengan air dingin atau es. Untuk penempatan sendiri, bisa ditaruh pada bagian depan atau belakang dari kipas angin.

Pada poin ini, angin yang keluar dari kipas akan membawa suhu dingin dari air beku dalam botol. Secara tidak langsung, akan membuat suhu dalam ruangan menjadi lebih dingin.

Tips lanjutan, bisa menyetel kipas untuk putar otomatis, sehingga penyebaran suhu dingin lebih merata.

2. Membasahi Lantai

Secara tidak sadar, dengan mendinginkan lantai akan membuat ruangan sedikit lebih sejuk. Untuk membasahi lantai tersebut, bisa dengan di pel, atau bisa juga dengan menaruh kain basah pada area yang dikehendaki.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News