Cara Mengatasi Anak Susah Makan

  • Bagikan
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Ilustrasi Anak Susah Makan (Foto: Shutterstock)

Kabarin.co.id – Bingung mencari Cara Mengatasi Anak Susah Makan? Tentu masalah ini sangat lazim dialami oleh kalangan ibu. Khususnya bagi mereka yang masih baru belajar atau masih anak pertama.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi Universitas Tanjungpura, Pontianak Rahmania, S.Gz.M.P.H, menyebut jika orang tua yang memiliki buah hati yang susah makan, sudah seharusnya diberikan perhatian khusus.

Mungkin masalah ini tampak begitu sederhana, namun sebagai dampaknya bisa saja berakibat buruk bagi si bayi yang masih terbilang dalam masa pertumbuhan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Ketika masalah susah makan sudah semakin parah, maka jangan biarkan masalah tersebut berlarut-larut. Sebab jika dibiarkan, sikap seperti pilih-pilih makanan bisa menjadi kebiasaan.

Maka dari itu, sudah sepatutnya kita kalangan orang tua. Memahami hal tersebut dan mencari cara untuk bisa mengatasi anak yang semakin sulit diajak makan tersebut.

1. Tidak Memaksa Dan Lebih Pintar Merayu

Cara pertama yang perlu diterapkan ialah dengan tidak memaksa anak untuk memakan jenis makanan tertentu. Sebab hal ini sangat tidak efektif mengatasi masalah anak susah makan.

Ketika si kecil sudah menolak, coba merayu dengan cara yang benar. Atau bisa juga dengan lebih kreatif mengkreasikan jenis makanan tersebut. Sebagai contoh ialah dengan membentuk makanan seperti hewan, boneka, atau sejenisnya.

2. Siapkan Menu Yang Variasi

Secara umum, anak lebih identik dengan sifat mudah bosan, tidak terkecuali dalam hal makanan. Dalam hal ini, terkait dengan poin satu yakni lebih kreatif.

Selain membentuk makanan menjadi lebih menarik, tentu bisa diberikan pula variasi menu yang berbeda. Dengan kata lain, biarkan anak memilih sendiri jenis makanan yang akan dia konsumsi.

3. Pakai Alat Makan Khusus

Tidak hanya dari sisi menu makanan saja, namun alat yang digunakan pun bisa menjadi daya tarik bagi anak. Dengan demikian, mereka akan berpikir saat makan tersebut merupakan waktu untuk bermain.

Sembari menuruti apa yang anak mau, maka makanan yang mereka konsumsi pun secara tidak sadar bisa diterima oleh mereka.

4. Menyajikan Dalam Porsi Kecil

Orang tua sudah seharusnya tidak menyamakan kebutuhan anak dengan orang dewasa. Terlebih mereka juga mempunyai selera berbeda dengan kita.

Jadi upayakan porsi yang disediakan dalam skala kecil saja. Yang terpenting, kebutuhan gizi bisa terpenuhi sehingga bisa menopang masa pertumbuhan mereka.

5. Praktekkan Pola Makan Teratur

Pola makan teratur bisa menjadi kebiasaan yang baik dan juga mengatasi anak susah makan. Dalam hal ini, atur waktu yang sama setiap hari untuk memberi mereka makanan ataupun cemilan.

Meski pada awalnya sedikit susah, namun kondisi tersebut juga akan mensugesti mereka jika dikemudian hari mereka lapar. Sehingga mereka pun akan mencari makanan pada lokasi dan waktu yang sama setiap harinya.

  • Bagikan