oleh

Cara Mengatasi Cantengan Di Jempol Kaki

Kabarin.co.id – Adakah Cara Mengatasi Cantengan Di Jempol Kaki paling mudah? Berawal dari pertanyaan ini, akhirnya anda pun mencari referensi untuk menyelesaikan masalah kesehatan tersebut.

Nah seperti yang kita ketahui, cantengan pada kulit kaki di sekitar kuku, mungkin awalnya akan terasa lunak, bengak, atau bahkan mengeras.

Akan tetapi, apabila terus dibiarkan begitu saja, frekuensi tekanan akan semakin besar. Apalagi kaki sering digunakan secara berkelanjutan. Sehingga kuku kaki yang bertumbuh ke dalam bisa merobek kulit dan mencapai epidermis (lapisan kulit tengah).

Ketika kondisinya sudah demikian, maka bakteri bisa masuk melalui luka tersebut serta kemudian akan menyebabkan peradangan, nyeri, atau yang terparah hingga infeksi.

Jika melihat keluhan dan juga keterangan dari para ahli, cantengan juga dimungkinkan berdarah, atau jika sudah sampai pada tahap terparah akan mengeluarkan nanah.

Cara Mengatasi Cantengan Di Jempol Kaki

Kuku cantengan yang dibiarkan dalam keadaan terinfeksi, bisa menjadi masalah kambuhan serta menyebabkan komplikasi yang serius, salah satunya ialah masalah tulang.

Apabila kuku yang tumbuh ke dalam tidak terinfeksi, anda masih bisa mencoba beberapa pengobatan di rumah. Tujuannya ialah untuk meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan. Pengobatan rumahan tersebut juga bisa mencegah ingrown nail tumbuh kembali.

Pertanyaannya, Bagaimana cara mengatasi cantengan agar bisa sembuh lebih cepat? Untuk daftar jawaban yang lebih lengkap, berikut beberapa ide pengobatan yang kami rangkum dari hellosehat.com.

  • Merendam kaki dalam air garam hangat selama kurang lebih 15 menit untuk 3 hingga 4 kali sehari. Pada saat direndam, ada juga bisa menggunakan cotton bud untuk secara perlahan mendorong kulit agar menjauh dari kuku. Air hangat ini juga bisa meringankan rasa sakit serta mengurangi pembengkakan akibat cantengan. Setelah itu, anda bisa mengeringkan kaki agar tidak lembab.
  • Menjaga kondisi kaki tetap bersih dan kering selama menjalani aktivitas, kecuali saat berendam atau mandi.
  • Mengkonsumsi obat pereda atau penghilang nyeri, sebagai contoh ialah paracetamol atau ibuprofen.
  • Mengoleskan salep antibiotik untuk mengurangi adanya risiko infeksi.
  • Balut (bungkus) jari yang cantengan dengan perban/ kain kasa serta memakain sendal selama menjalani aktivitas. Atau saat memakai sepatu yang terbuat dari kain halus dengan jarak antar jari yang luas. Yang terpenting, hindari penggunaan sepatu yang terlalu ketat.

Apabila gejala ada cantengan tidak berangsur sembuh atau jika cantengan terlanjur infeksi. Hindari mencoba mengobati sendiri. Pasalnya cantengan yang terinfeksi perlu diperiksa oleh podiatris atau ahli penyakit kaki.

Pada tahap ini, dokter mungkin akan memberikan resep antibiotik serta mengangkat sebagian kuku yang tertatam ke dalam kulit, atau bantalan kuku yang mendasari cantengan dengan tujuan untuk mencegah datang kembali.

Saat kuku bertumbuh ulang, dokter bisa menempatkan sepotong kapas lembut di bagian bawah kuku untuk mencegah kuku kembali tumbuh keluar jalur.

Sangat penting bagi anda untuk selalu teratur mengganti kapas setiap hari. Apabila infeksi masih tetap membandel, maka dokter bisa memberikan rekomendasi untuk mengangkat sebagian kuku melalui operasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News