oleh

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Kabarin.co.id – Ingin tahu Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi? Mungkin postingan ini bisa menjawab semua pertanyaan terkait dengan masalah tersebut.

Pasalnya sebagai orang tua, khususnya yang masih baru. Mungkin belum paham dan merasa bingung saat bayi mengalami cegukan.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentu perlu diketahui juga penyebab dari cegukan pada bayi. Dalam hal ini, cegukan tersebut ditimbulkan karena kontraksi diafragma.

Diafragma sendiri, merupakan lembaran besar otot yang berada di bawah paru-paru. Bersama dengan beberapa otot antar tulang iga, bisa mendukung saat kita bernafas.

Adanya kotraksi otot tersebut, bisa mengisap udara ke paru-paru, serta masuknya udara dengan cepat menyebabkan epiglottis menutup.

Epiglottis merupakan flap jaringan pada tenggorokan yang menutup otomatis, guna mencegah makanan atau minuman masuk pada paru-paru.

Bisa dikatakan jika cegukan sangat menganggu bagi orang dewasa, tidak terkecuali juga pada anak. Bahkan tidak sedikit orang tua yang khawatir lantaran bayi mereka mengalami kondisi tersebut.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Dikutip dari hellosehatdotcom, setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan. Jika sudah penasaran, berikut tips selengkapnya.

1. Berikan ASI dan Biarkan Bersendawa

Memberikan ASI dengan cara menyusui bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi cegukan pada bayi. Gerakan yang dilakukan ketika menyusi, bisa membantu diafragma anak menjadi lebih rileks dan menghentikan cegukan.

Pasca menyusui, anda pun bisa membiarkan bayi bersendawa, hal tersebut untuk memberikan ruang bagi udara yang terjebak pada perut bayi.

Pasalnya, udara tersebut juga yang menjadi faktor penyebab dari cegukan pada bayi.

2. Mengatur Posisi Bayi

Proses lanjutan setelah menyusui dan bersendawa, waktunya untuk mengatur posisi bayi. Dalam hal ini, anda bisa memegang dan mengatur posisi bayi menjadi tegak berdiri, bisa dilakukan dengan cara menggendong.

Selain itu, anda bisa bisa sembari menepuk-nepuk belakang bayi dengan lembut. Dengan tujuan, supaya gas yang terjebak dalam perut bayi tersebut naik.

3. Beri Sesuatu Untuk Dihisap

Langkah selanjutnya ialah dengan memberi sesuatu untuk dihisap oleh bayi. Baik itu dot, empeng, ataupun langsung menyusui.

Cara ini juga sangat ampuh untuk mengatasi cegukan pada bayi. Sebab gerakan pada mulut dan tipuan sedotan di perut bayi, dipercaya bisa merangsang sendawa serta menghentikan cegukan.

4. Posisikan Bayi Ditempat Yang Hangat

Sebagai tips yang terakhir, coba bawa dan taruh bayi pada tepat yang hangat dan lembab. Usahakan untuk menghindari ruangan ber-AC atau suhu yang cukup dingin.

Sebab cegukan pada bayi bisa dipicu oleh suhu yang berubah menjadi dingin.

Tips Mencegah Cegukan Pada Bayi

Sebagai tips lanjutan, anda bisa melakukan beberapa hal untuk bisa mencegah terjadinya cegukan pada bayi. Seperti :

  • Memberikan ASI pada saat kondisi masih sedang tenang, tidak menangis, atau lapar.
  • Hindari menggendong bayi dengan gerakan mantul keatas setelah menyusui bayi.
  • Posisikan bayi tetap tegak selama 20 hingga 30 menit pasca makan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News