oleh

Cara Mengatasi e-Faktur Error ETAX-40001

Kabarin.co.id – Tips tentang Cara Mengatasi e-Faktur Error ETAX-40001 secara dasar banyak dibagikan di internet. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang masih bingung tentang langkah yang harus dilakukan.

Nah, sebagai PKP mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi e-Faktur. Akan tetapi, ketika menggunakan aplikasi e-Faktur tersebut, sangat sering mengalami gangguan koneksi atau sambungan internet.

Termasuk juga lantaran lemahnya sinyal internet yang terhubung pada perangkat, khususnya yang tengah digunakan. Dan masalah atau gangguan aplikasi seperti ini dikenal dengan sebutan error ETAX-40001.

ETAX-40001 adalah error (kesalahan/masalah) yang sering terjadi ketika sambungan internet sedang tidak baik. Dampaknya, antara aplikasi e-Faktur dengan server pajak, tidak bisa terkoneksi dengan baik dan lancar.

Kondisi tersebut tentu akan menghambat Pengusaha Kena Pajak (PKP) untuk mengakses e-Faktur. Umumnya, error ini juga menyebabkan PKP tidak bisa upload faktur pajak keluaran ataupun faktur pajak masukan, guna melakukan approval.

Sehingga secara tidak langsung, status faktur pajak menjadi belum approval. Hal tersebut dikarenakan faktur pajak belum sukses dimasukkan serta faktur pajak keluaran pun belum bisa dicetak.

Cara Mengatasi e-Faktur Error ETAX-40001

Sebelum beranjak pada cara penyelesaian, alangkah baiknya jika dipahami terlebih dahulu penyebab munculnya error tersebut.

Terlepas dari gangguan jaringan internet yang lemah, beberapa penyebab lain dari Error ETAX-4001 e-Faktur ialah :

  • Terjadi masalah pada server ETaxInvoice di aplikasi e-Faktur yang digunakan.
  • Terdapat virus pada komputer atau laptop
  • Aplikasi yang dipakai bisa jadi terblokir oleh firewall Windows atau antivirus bawaan komputer atau laptop.
  • Sertifikat elektronik sudah kadaluwarsa.

Masalah yang disebutkan diatas merupakan poin yang terjadi secara umum. Khususnya yang menyebabkan munculnya error ETAX-40001 e-Faktur serta bisa ditangani dengan solusi sederhana.

Cara Mengatasi e-Faktur Error ETAX-40001

Supaya aplikasi e-Faktur bisa digunakan kembali, berikut beberapa solusi yang bisa diterapkan :

  • Jika masalah yang dialami bersumber dari koneksi internet, maka harus memeriksa kembali koneksi pada komputer. Perlu dipastikan jika kondisi sambungan internet dalam keadaan stabil.
  • Jika masalah yang muncul disebabkan oleh virus atau malware, maka segera lakukan scaning dengan anti virus yang digunakan. Lakukan scan secara rutin agar komputer tidak terjangkit virus tersebut.
  • Jika aplikasi e-Faktur terblokir oleh firewall Windows, atau terblokir antivirus, maka nonaktifkan firewall dan antivirus, baru selanjutnya mencoba untuk mengoperasikan aplikasi e-Faktur.

Terlepas dari beberapa permasalahan diatas, salah satu penyebab error ETAX-40001 e-Faktur dikarenakan sertifikat elektronik kadaluwarsa.

Jika memang demikian, maka perlu langkah pembaharuan pada sertifikat terlebih dahulu. Caranya pun sama dengan melakukan permintaan sertifikat untuk pertama kalinya.

Sekedar tambahan, Error ini sangat umum terjadi lantaran sambungan internet yang tidak baik. Sedangkan untuk masalah lain tidak lepas dari anti virus dan sertifikat pada perangkat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News