oleh

Cara Mengatasi E: Unable To Locate Package Di Ubuntu

Kabarin.co.id – Untuk Cara Mengatasi E: Unable To Locate Package Di Ubuntu, sebenarnya sudah banyak yang berbagi di internet. Sehingga bisa diakses begitu mudah dengan memanfaatkan mesin pencari Google.

Akan tetapi, tidak sedikit dari pengguna yang mengalami masalah serupa, justru masih bingung dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Dengan kata lain, masih perlu bimbingan yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Nah, bagi pengguna Linux ataupun Ubuntu, tentu sudah tidak asing dengan masalah error ketika melakukan install tools di linux atau “E:Unable to locate package”.

Jika pengguna sekalian memang sudah pernah mengalami, tentu banyak kemungkinan untuk tidak mencari referensi lebih lanjut. Namun bagaimana bagi orang yang masih belum?

Untuk kesempatan dengan waktu relatif singkat, kesempatan ini admin akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi error E: Unable to locate packega ketika install tools pada Ubuntu.

Pada dasarnya, error ini terletak pada file repository, yakni sorce.list. Umumnya, error tersebut dikarenakan ada yang tidak lengkap dengan filenya, sehingga kita harus menambah manual repositorynya.

Caranya pun terbilang cukup sederhana dan mudah. Yakni dengan mengikuti beberapa langkah yang sudah admin rangkum dibawah ini. Dijamin semua masalah terkait dengan error tersebut teratasi.

Uniknya, cara ini bisa diterapkan pada berbagai jenis linux, baik itu distro linux ataupun ubuntu. Yang berbeda hanya terletak pada repository yang ditambahkan. Yakni harus sesuai dengan distro linux tersebut.

Cara Mengatasi E: Unable To Locate Package Di Ubuntu

Terdapat beberapa poin yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah error E: Unable to locate package. Simak baik-baik ya!

  • Poin pertama, ialah dengan mencari tempat repository. Untuk kali linux, bisa diperoleh dari https://docs.kali.org/general-use/kali-linux-sources-list-repositories. Namun jika pengguna memakai kali linux yang lebih baru, maka bisa mengambil kali linux rolling.
  • Untuk poin kedua, ialah dengan mengedit file repository, perintah yang bisa dilakukan ialah dengan mengetik “sudo gedit/etc/apt/soource.list”.
  • Jika sudah selesai, maka bisa menambahkan repository yang baru di bagian bawah.
  • Ketika sampai pada tahap ini, selanjutnya ialah dengan melakukan update dengan petintah “apt-get update
  • Ketika updatenya sudah selesai, maka secara otomatis masalah tersebut sudah selesai teratasi. Dan pengguna pun bisa melakukan install tools lagi.

Sekedar tambahan informasi, untuk linux dengan jenis yang lain, baik itu ubuntu, debian, ataupun sejenisnya. Cara yang bisa diterapkan masih sama. Hanya saja, pengguna harus memperhatikan langkah ketika menambah repository.

Pengguna diharuskan untuk menyesuaikan dengan jenis linux / ubuntu yang digunakan. Sehingga ketika proses sudah selesai, tidak muncul masalah baru yang mungkin akan membuat semakin bingung.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Praktekkan perlahan saja, ikuti langkah-langkah dengan benar dan semoga berhasil.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News