oleh

Cara Mengatasi Email Tidak Terkirim

Kabarin.co.id – Pada dasarnya, Cara Mengatasi Email Tidak Terkirim sangatlah mudah dan sederhana. Bahkan sudah banyak yang berbagi mengenai tips dan triks untuk mengatasinya.

Nah, mempunyai peran sebagai salah satu referensi. Pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan ulasan mengenai langkah pemecahan masalah tersebut. Seperti apa dan bagaimana? Simak ulasan berikut hingga tuntas.

Apabila anda menggunakan Gmail, khususnya ketika hendak mengirim email pada seseorang. Serta membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sampai pada tujuan atau mereka tidak pernah menerimanya, maka tips berikut bisa menjadi solusi bagi anda.

Cara Mengatasi Email Tidak Terkirim

Merangkum dari support.google.com, ada beberapa masalah email tidak terkirim dan pemecehannya pun mempunyai cara berbeda.

Penerima Tidak Pernah Menerima Email yang Anda Kirim

Jika penerima (email tujuan) tidak menerima email yang anda kirimkan. Maka langkah sederhana yang perlu diperhatikan ialah :

  • Memeriksa email terkirim dan draf anda. Apabila email tidak ada di sana, maka bisa saja anda sudah menghapusnya sebelum dikirim.
  • Meminta penerima untuk memeriksa sampah atau folder spam mereka. Apabila email yang dikirim tidak ada disana, coba minta mereka untuk menambahkan anda ke kontak, sehingga pengiriman email berikutnya akan sampai dan berjalan normal.
  • Tunggu dulu beberapa jam untuk bisa melihat apa anda memperoleh pesan kesalahan pengiriman. Jika alamat email penerima salah, pastinya anda akan menerima laporan kesalahan tersebut.

Email Membutuhkan Waktu Lama Untuk Dikirimkan

Istilah ini juga sering disebut sebagai “email dalam antrian”. Tentu kondisi ini tidak bisa menghemat waktu dan mungkin sangat tidak efisien jika anda dalam keadaan terdesak.

Apabila kondisi ini memang terjadi pada anda, maka ada baiknya mengecek beberapa poin berikut :

  • Memastikan bahwa anda sudah tersambung dengan jaringan internet (baik itu wi-fi ataupun data seluler). Apabila koneksi lambat, tentu pengiriman email akan memakan waktu yang relatif lebih lama.
  • Apabila anda mengirimkan email dari klien email, seperti Apple mail atau Outlook, maka cobalah kirim dari mail.google.com, atau bisa juga memanfaatkan aplikasi Gmail.

Ketahui pula bahwa ada beberapa alasan kenapa email tidak terkirim. Apa saja?

Akun Email Tidak Ada

Alamat penerima mungkin saja tidak berfungsi atau tidak ada. Atau bisa juga anda salah dalam mengetiknya.

Langkah sederhana yang bisa anda lakukan ialah : Periksa kesalahan umum seperti tanda kutip, titik di bagian akhir kalimat, spasi dan kesalahan ejaan.

Pesan Yang Anda Kirim Ditandai Spam

Email dianggap spam jika teks atau link pesan tampak mencurigakan serta terlalu banyak menambahkan Cc atau Bcc.

Langkah pemecahannya ialah : Hapus link, jika memang ingin mengirim email pada banyak orang, manfaatkan fitur grup oleh Gmail.

Sedangkan untuk masalah lain yang umum terjadi, ialah server penerima tidak menyetujui permintaan Gmail. Sehingga pesanyang dikirim tidak bisa masuk.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News