oleh

Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung WA

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung WA? Pertanyaan ini mungkin muncul ketika kita tidak bisa membuka atau mengirim file di aplikasi perpesanan Whatsapp.

Seperti yang kita ketahui, untuk bisa memenuhi keberagaman kebutuhan pengguna, Whatsapp memang didesain sedemikian rupa, sehingga bisa mendukung beberapa format file.

Baik itu berupa file media (foto atau video), bahkan beberapa dokumen seperti word, text, pdf, dan yang lainnya.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika anda juga mengalami berbagai masalah dimana file yang anda maksud tidak bisa didukung.

Secara umum, akan muncul pesan berupa pemberitahuan bahwa Format File Tidak Didukung (Not Supported Format) ketika anda mengalami masalah tersebut.

Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung WA

Ada beberapa poin yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum pada daftar dibawah ini.

1. Update Whatsapp Ke Versi Terbaru

Cara pertama yang bisa anda terapkan ini terbilang sangatlah sederhana. Sebab bisa saja masalah file tidak didukung lantaran aplikasi yang terinstall di ponsel anda merupakan versi lama.

Tahapan langkahnya ialah :

  • Buka aplikasi Playstore atau bisa mengunjungi link Whatsapp
  • Ketika laman whatsapp sudah terbuka, maka langsung saja update atau Install
  • Selesai, selanjutnya anda bisa mencoba kembali membuka atau mengirim file yang dimaksud.

2. Mengubah Format File

Banyak yang tidak sadar bahwa di hp kita terdapat aplikasi File Manager yang bisa dipergunakan untuk mengubah ekstensi atau format file.

  • Buka aplikasi file manager, cari atau buka file yang akan diganti, ketik file dan ubah nama. Sebagai contoh ialah mengubahnya menjadi format (.zip)
  • Jika anda masih belum mempunyai file manager tersebut, maka sebelumnya install / pasang terlebih dahulu dari Playstore.
  • Proses akhir, simpan.

3. Kompres File

Untuk zaman seperti sekarang, semua aplikasi kompres file sudah didukung oleh semua versi android. Dengan kata lain, anda pun akan lebih mudah dalam mengubah atau mengubah ukuran file.

Ada begitu banyak aplikasi kompres yang bisa anda pilih. Coba cari dulu dan pasang dari Playstore. Selain ukurannya kecil, penggunaan aplikasi pun terbilang mudah.

  • Install aplikasi kompres file dari Playstore
  • Buka aplikasi dan cari file yang ingin dikompres atau diubah ekstensinya.
  • Klik dan tahan file, kemudian pilih kompres.
  • Pilih format atau kuran yang dikehendaki, klik OK untuk menyimpan.
  • Selanjunya, aplikasi akan berjalan otomatis hingga proses pengompresan selesai.

Dari beberapa langkah diatas, poin yang terpenting ialah mengetahui format file yang tidak didukung untuk dibuka. Umumnya, masalah ini muncul karena ketidakpahaman pengguna.

Jika sudah mengetahui format file (pdf, word, atau sejenisnya), cukup menginstall aplikasi pembaca file tersebut dari Playstore.

Selesai! Semua file tadi tentu sudah tidak menjadi masalah lagi di kemudian hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News