oleh

Cara Mengatasi GBoard Terus Berhenti

Kabarin.co.id – Apa ada Cara Mengatasi GBoard Terus Berhenti? Jawaban yang paling sederhana ialah pasti ada. Sebab dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, tidak suatu hal yang mustahil untuk diatasi.

Google Board atau yang lebih dikenal dengan GBoard merupakan aplikasi papan ketik yang banyak digunakan untuk smartphone Android dan iOS.

Tidak sedikit pengguna smartphone yang memilih menggunakan Gboard ini sebagai papan ketik dibanding dengan aplikasi lain. Selain penggunaannya mudah, tentu tidak membebani kinerja dari smartphone.

Dengan menginstall aplikasi Gboard, pengguna ponsel bisa dengan leluasa menikmati beberapa fitur yang tersedia didalamnya. Tidak terkecuali Glide Typing, Voice Typing, Handwriting, Search and share, Gifs, Emoji search, Multilingual typing, Google translate, dll.

Akan tetapi, tidak sedikit pula pengguna yang mengeluh dengan kondisi Gboard yang sering berhenti tiba-tiba. Bahkan ada pula yang tidak bisa memakainya kembali.

Nah, bagi anda yang mengalami masalah tersebut, berikut kami sudah merangkum beberapa langkah mudah. Apa saja? Simak artikel ini hingga tuntas.

Cara Mengatasi GBoard Terus Berhenti

1. Restart / Muat Ulang Ponsel

Masuk pada cara yang paling mudah, ialah dengan hanya menekan tombol daya (power) pada ponsel. Selanjutnya, pilih mati atau reboot.

Untuk hasil yang lebih maksimal, matikan ponsel sejenak, dan nyalakan kembali setelah beberapa menit.

2. Bersihkan Cached Gboard (Clear Cache)

Terkadang ketika kita memperbarui aplikasi, maka akan terjadi crash lantaran ada konflik dalam penyimpanan ponsel.

Untuk membersihkan cache GBoard, pertama ialah dengan masuk “Setting” atau “Pengaturan”. Ketuk pada aplikasi atau Apps

Gulir hingga bagian paling bawah, (cari aplikasi Gboard) dan pilih untuk memunculkan aplikasi. Tahap berikutnya, tab pada bagian Storage dan clear cache (bersihkan cache).

3. Copot Install Pembaruan (Uninstal Update)

Dilakukannya pembaruan aplikasi lantaran ada beberapa alasan. Termasuk juga dari sisi fitur baru, perbaikan bug, keamanan, dan juga yang lainnya.

Akan tetapi, terkadang pembaruan ini justru bisa merusak aplikasi. Untuk menghapus pemasangan. Cukup masuk pada menu aplikasi dan cari GBoard. Selanjutnya Uninstall pembaruan.

4. Paksa Berhenti (Force Stop)

Langkah penghentian aplikasi GBoard, bisa dilakukan dengan masuk pada setting aplikasi, pilih Gboard, dan paksa berhenti atau Force Stop.

Penggunaan fitur ini akan menghentikan aplikasi Gboard dan beberapa sistem terkait didalamnya. Dengan kata lain, ketika anda membuka kembali Gboard, semuanya akan dimuat ulang.

5. Reset Data Pabrik

Ketika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil, tentu cara terakhir yang bisa anda pakai ialah dengan melakukan pengaturan ponsel ke setelan pabrik.

Langkah ini mungkin akan menghapus semua data yang ada pada ponsel. Tidak terkecuali file, foto, aplikasi dan sejenisnya yang tersimpan pada memori hp.

Akan lebih baik, jika anda memback-up terlebih dahulu semua file penting pada SD Card. Sehingga file penting tersebut tidak ikut hilang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News