oleh

Cara Mengatasi Jerawat Papula

Kabarin.co.id – Dijaman seperti sekarang, Cara Mengatasi Jerawat Papula bisa diperoleh dari berbagai sumber. Bahkan banyak juga dibagikan di media sosial seperti facebook, Twitter, Instagram, dan juga Youtube.

Pada dasarnya, jerawat merupakan salah satu masalah pad kulit yang terjadi lantaran adanya peradangan, penyumbatan, dan juga infeksi pada kelenjar minyak di kulit.

Jerawat sendiri mempunyai beberapa jenis, termasuk juga jerawat papula. Dalam hal ini, jerawat papula bukan kondisi yang serius serta bisa diatasi dengan perawatan sederhana dirumah.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa itu jerawat papula. Serta bagaimana tata cara mengatasi jerawat papula tersebut, maka akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga tuntas.

Apa itu jerawat papula? Dilansir dari berbagai sumber, jerawat papula merupakan salah satu jenis jerawat yang tampak kemerahan, berbentuk benjolan padat, terasa nyeri, dan juga tidak bernanah pada puncaknya.

Ketika ditanya mengenai penyebab, jerawat papula muncul pada saat whitehead dan blackhead dibiarkan tanpa adanya penanganan yang pada akhirnya bisa memicu iritasi.

Kerusakan apda kulit tersebut bisa menyebabkan peradangan yang memicu munculnya jerawat papula. Kondisi ini juga yang sering disebut dengan jerawat inflamasi.

Sekedar untuk tambahan informasi, jika kondisi ini dibiarkan tanpa ada penanganan, maka herawat papula bisa berubah menjadi jerawat pustula, yaitu jenis jerawat yang bernanah.

Nah, selain disebabkan oleh komedo, jerawat papula juga bisa dipicu oleh pengaruh hormonal seperti menstruasi atau pubertas, aktivitas bakteri pada permukaan kulit, sumbatan folikel rambut dan kelenjar minyak, bahkan bisa pula karena faktor keturunan.

Sama halnya jerawat secara umum, jerawat papula bisa muncul pada area kulit yang berdekatan serta munclnya bersamaan.

Cara Mengatasi Jerawat Papula

Sampai pada poin ini, ada beberapa upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat papula. Atau setidaknya bisa menguransi efek yang ditimbulkan. Apa saja?

1. Rutin Membersihkan Wajah

Kebersihan memang patut dijaga, tidak hanya pada area kulit wajah saja. Dalam hal ini, rutinlah membersihkan wajah dan tubuh paling tidak dua kali dalam sehari.

Baik itu pagi, sore dan juga malam hari sebelum tidur. Penting juga, hindari membersihkan wajah terlalu sering, lantaran kondisi ini bisa memicu iritasi yang bisa memperburuk jerawat.

2. Jangan Menyentuh Ataupun Memencet Jerawat

Kita tidak tahu jika pada tangan, khususnya kuku terdapat kuman yang justru bisa memperparah keadaan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan menyentuh ataupun memencet jerawat.

Sebab kondisi ini hanya bisa memicu dan menyebabkan luka pada permukaan kulit, sehingga ada risiko akan meninggalkan bekas jerawat.

3. Jangan Menggunakan Make-Up

Meski terbilang sederhana, namun langkah ini cukup efektif untuk mengurangi radang dan penyumbatan pori paada wajah.

Selain menyentuh, anda juga harus menghindari penggunaan make-up pada area kulit yang sedang mengalami jerawat. Dengan demikian, kondisi jerawat tidak semakin parah.

4. Teratur Mencuci Rambut

Perlu diketahui, rambut bisa menjadi sarang dari kuman atau virus yang bisa memicu tumbuhnya jerawat pada wajah.

Jadi rutinlah mencuci rambut, khususnya ketika anda mempunyai jenis rambut berminyak. Usahakan pula untuk menghindari rambut menyentuh permukaan wajah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News