oleh

Cara Mengatasi Windows 7 Stuck Di Logo

Kabarin.co.id – Membahas tentang Cara Mengatasi Windows 7 Stuck Di Logo, bukan suatu masalah yang asing bagi sebagian orang. Sebab masalah ini bisa terjadi pada siapa saja.

Secara umum, masalah ini terjadi ketika komputer atau laptop masuk ke boot screen, maka loading logo Windows dan tidak mau berlanjut untuk menyala. Sehingga secara tidak langsung, pc tidak bisa digunakan.

Sebagai dampaknya, komputer tidak bisa msuk Windows sama sekali alias hanya stuck (terhenti) di logo saja. Kejadian ini sangat mirip dengan Bootloop meski penyebutannya kurang tepat.

Jika melihat dari berbagai keluhan pengguna, masalah ini bisa terjadi pada semua versi Windows. Termasuk juga Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan bahkan terbaru juga pada Windows 10.

Cara Mengatasi Windows 7 Stuck Di Logo

Secara dasar, penyebab dari masalah logo loading Windows bervariasi. Bisa karena error atau terjadi masalah pada komponen komputer.

Sebagai langkah penyelesaian, mungkin tutorial singkat ini bisa membantu. Simak baik-baik nya beberapa daftar dibawah ini.

1. Coba Install Ulang Windows

Mayoritas dari sumber masalah ini lantaran Windows yang terpasang mengalami corrupt atau rusak. Sehingga menjadikan file system tidak terbaca.

Penyebabnya pun tidak bisa ditentukan, sebab bisa karena salah install software, virus, atau tidak sengaja menghapus file system tertentu. Dengan menginstall ulang Windows, maka masalah kemungkinan besar bisa teratasi.

2. Menggunakan (Masuk) Safe Mode

Safe Mode merupakan mode dimana kita bisa masuk ke Windows tanpa harus load seluruh driver atau aplikasi sistem. Dikarenakan cara masuknya beda dengan normal, maka mode ini tidak akan terhenti di logo loading.

3. Melakukan Reset BIOS

Kebanyakan dari situs teknologi luar, menyebut jika reset BIOS mampu menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah loading Windows.

Cara penerapannya pun mudah, cukup masuk pada menu BIOS seperti biasa. Dan Cari opsi Load Default, Deafault Setup, atau sejenisnya. Atau bisa juga dengan clear baterai CMOS di Motherboard.

4. Mengecek RAM Laptop/PC

RAM yang tidak berfungsi secara normal, bisa berdampak pada kinerja sistem. Umumnya kerusakan RAm berdampak pda layar gelap (blackscreen) ketika baru dinyalakan.

Untuk melakukan pengecekan, bisa dipindah pada slot yang lain. Atau jika dua slot terpasang RAM, coba copot salah satu.

5. Periksa Harddisk

Harddisk yang rusak, akan mengalami yang namanya bad sector. Kondisi ini bentuk dari kerusakan dimana beberapa file yang tersimpan mengalami corrupt, serta menjadikannya tidak bisa terbaca.

Karena kondisi tidak terbaca tersebut, pantas saja jika loading Windows akan mengalami gagal booting. Tepatnya ketika loading, tidak selesai dan hanya terhenti pada logo Windowsnya saja.

Bagaimana? cukup mudah bukan? Ketika semua cara diatas tidak membuahkan hasil. Mungkin sudah saatnya anda membeli perangkat baru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News