oleh

Cara Mengosongkan RAM Android Tanpa Root

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Mengosongkan RAM Android Tanpa Root? Tips ini mungkin akan berguna ketika anda mengalami RAM penuh saat aplikasi yang dibuka sedikit.

Seperti yang kita ketahui, tidak adanya aplikasi yang berjalan, harusnya RAM yang ada pada ponsel tetap kosong. Namun bagaimana jika RAM tersisa sedikit meski tidak ada aplikasi yang dibuka?

Tentu kondisi ini sangatlah membingungkan. Jadi, sebagai solusi agar hp tidak lemot, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Apa saja?

Cara Mengosongkan RAM Android Tanpa Root

Merangkum dari beberapa sumber, setidaknya ada 5 poin yang bisa anda lakukan. Namun untuk mempersingkat, kami akan merangkum beberapa diantaranya saja.

Sehingga anda pun bisa langsung praktek dan membebaskan ponsel anda dari beban RAM yang penuh. Penasaran dengan tips yang kami sediakan? Berikut rincian selengkapnya!

1. Hapus Installan Aplikasi Bawaan

Cara ini mungkin tidak berlaku untuk semua merek atau jenis ponsel tertentu. Pasalnya setiap vendor menerapkan sistem yang berbeda meski sama-sama menggunakan OS Android.

Dalam hal ini, anda bisa menghapus aplikasi bawaan pabrik yang memang tidak dibutuhkan. Sebagai contoh ialah office, media sosial, atau sejenisnya.

2. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan

Ada baiknya jika anda menghentikan aplikasi berjalan yang tidak dipakai. Pasalnya aplikasi tersebut hanya memakan RAM yang membuat kinerja ponsel berkurang.

Umumnya, untuk menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang ini, anda bisa masuk pada Pengaturan >> Aplikasi >> Dan cari aplikasi yang sedang berjalan.

Hentikan semua aplikasi yang menurut anda tidak penting. Atau kalau bisa, dihapus saja installannya agar ponsel tidak semakin berat.

3. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Adanya aplikasi tambahan dari pihak ketiga, biasanya dianggap menjadi beban untuk kinerja ponsel. Namun nyatanya tidak semua aplikasi tersebut demikian.

Adapula aplikasi yang memang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja ponsel. Seperti halnya penghapus cache, penghapus RAM, dan yang lainnya.

Pasang salah satu aplikasi pembersih RAM dari Google Play Store. Selain berjalan otomatis, tentu kinerja aplikasi ini juga membuat waktu lebih efisien.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk pembersihan sendiri, lebih baik difokuskan pada aplikasi yang sering digunakan. Sebab semakin sering dipakai, maka akan semakin banyak pula pemakaian memori.

Membersihkan bisa anda lakukan secara manual atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jika ingin cara yang lebih mudah, cukup install cleaning cache dari Play Store.

5. Lakukan Hard Reset

Langkah terakhir ini mungkin akan berisiko hilangnya semua data yang tersimpan dalam ponsel. Namun sekaligus juga akan menghapus semua file yang tidak terpakai. Seperti halnya cache, atau data aplikasi yang kebanyakan berukuran besar.

Lakukan hard reset jika memang diperlukan. Sehingga ponsel ada tetap berada pada kondisi maksimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News