oleh

Cara Mengubah E-Faktur Yang Sudah Di Upload

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Mengubah E-Faktur Yang Sudah Di Upload? Istilah yang paling tepat untuk langkah ini adalah pembetulan. Sehingga apa yang sudah tercantum pada faktur pajak, masih bisa diubah sesuai kebutuhan.

Perlu diketahui, pembetulan faktur pajak yang sudah dilaporkan, bukan berarti tidak mempunyai dasar hukum. Melaui Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pemerintah sudah sejak lama paham bahwa adanya kelalaian dana penyusunan faktur pajak.

Maka dari itu, pemerintah masih memperbolehkan pembetulan faktur pajak yang sudah di upload atau dilaporkan.

Sedangkan untuk peraturan yang menaungi tindakan PKP melakukan pembetulan faktur pajak tersebut, ialah Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012.

Peraturan tersebut secara spesifik memberikan penjelasan terkait dengan faktur pajak pengganti, yang tidak lain merupakan bentuk dari pembetulan faktur pajak.

Cara Mengubah E-Faktur Yang Sudah Di Upload

Untuk tata cara pembetulan faktur pajak yang sudah dilaporkan, berdasar pada PER-24/PJ/2012. Beberapa diantaranya ialah :

  • Pembetulan Kode dan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP)
  • Identitas dari PKP, baik itu PKP penjual ataupun PKP pembeli.
  • Rincian Barang Atau Jasa Kena Pajak (BKP/JKP), berisi nomor urut BKP/JKP, nama BKP/JKP, harga jual atau penggantian/termin.
  • Jumlah harga jual atau penggantian/termin
  • Potongan harga
  • Uang muka yang sudah diterima.
  • Dasar Pengenaan Pajak (DPP)
  • PPN = 10% x DPP
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).
  • Tempat dan tanggal pembuatan faktur
  • Nama dan tanda tangan PKP atau pegawai yang ditunjuk untuk tandatangan faktur pajak tersebut.
  • Menambah kolom valuta asing (apabila transaksi menggunakan valuta asing)

Pembetulan Faktur Pajak Dengan Menggunakan e-Faktur

Pembuatan faktur pajak pengganti, sebagai bentuk upaya pembetulan faktur pajak yang telah dilaporkan, saat ini menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan tidak harus dilakukan secara manual.

Pasalnya, pada era penggunaan e-Faktur, pembetulan faktur pajak yang sudah dilaporkan bisa langsung melalui aplikasi e-Faktur yang dikeluarkan oleh DJP.

Cara membetulkan faktur pajak yang telah dilaporkan dengan menggunakan aplikasi e-faktur ialah sebagai berikut :

  1. Masuk pada aplikasi e-faktur, kemudian klik menu “Faktur” pilih “Pajak Keluaran” dan dilanjutkan pada “Administrasi Faktur”. Setelah itu akan muncul data pajak keluaran PKP.
  2. Klik faktur pajak yang akan diganti atau dibetulkan.
  3. Klik pada tombol bertuliskan “Pengganti”.
  4. Selanjutnya klik tombol “Lanjutkan” serta masuk pada “Detail Transaksi”.
  5. Pada “Detail Transaksi” PKP bisa mengubah data faktur dengan mengklik tombol “Ubah Transaksi”. Apabila sudah selesai mengubah, klik “Simpan”.
  6. Dan setelah klik tombol “Simpan”, faktur pajak pengganti sudah dibuat, yang artinya pembetulan faktur pajak terlapor sudah sukses dilakukan.

Sebagai informasi tambahan, Faktur pajak pengganti sebagai bentuk dari pembetulan faktur pajak yang sudah dilaporkan, harus diungah pada server DJP.

Selesai! E-Faktur sudah diganti dengan sempurna! Selamat mencoba!

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News