oleh

Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Kabarin.co.id – Pada dasarnya, Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga ini sangatlah mudah. Asal anda sudah paham tentang langkah-langkah yang harus dilakukan.

Anggrek atau yang dikenal dengan nama latin Orchidaceae, merupakan jenis bunga yang tergolong pada tanaman hias. Anggrek bisa ditemukan pada hutan gelap, batu karang yang terjal, lereng terbuka, bahkan bebatuan di daerah pantai.

Untuk saat ini, banyak orang yang hobi merawat bunga anggrek lantaran bentuk dan warnanya yang indah. Terlebih lagi, perawatannya pun sangat mudah serta tidak perlu langkah yang rumit.

Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Mengutip dari beberapa sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bunga anggrek lebih cepat berbunga. Apa saja? Simak selengkapnya pada daftar dibawah ini!

1. Cukup Cahaya Matahari

Meski terbilang sangat sederhana, namun dengan menaruh bunga anggrek pada lokasi yang cukup cahaya matahari akan membuatnya lebih cepat berbunga.

Dalam hal ini, cahaya matahari sangatlah penting untuk tumbuh kembang anggrek. Berperan sebagai sumber energi, tentu akan membantu memaksimalkan proses fotosintesis.

Terlepas dari itu, cahaya matahari juga akan membentuk dan memperbaiki bagian tanaman yang rusak. Bahkan dengan intensitas yang cukup, maka anggrek pun akan maksimal dalam beberapa hal.

2. Atur Ketinggian Tempat

Merawat anggrek juga perlu memperhatikan ketinggian tempat menaruh pot. Secara umum, anggrek bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis.

Akan tetapi, ketinggian dari tempat tumbuhnya pun terbagi menjadi tiga. Yakni berada pada ketinggian 1.001 mdpl untuk jenis Cymbidium, Miltonia, dan Paphiopedilum.

Tumbuh dengan baik di ketinggian 501 hingga 1000 mdpl untuk jenis Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, dan Onchidium. Tumbuh pada ketinggan 500 mdpl untuk jenis Arachnis, Renanthera, dan Vanda.

Jadi, anda perlu memperhatikan jenis anggrek yang anda tanam. Sehingga bisa mengatur ketinggian seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara

Poin ketiga yang perlu diperhatikan supaya anggrek cepat berbunga ialah sikulasi udara dari tempat atau media tanam. Dalam hal ini, anggrek memerlukan sirkulasi udara yang baik.

Pada kondisi udara yang baik, maka pertumbuhan akan lebih maksimal. Udara yang terus berganti akan membuat udara pada daun dan akar terus digantikan. Akan tetapi sebaliknya, jika terlalu berlebih, justru akan membuat anggrek dehidrasi.

4. Cek Kelembapan Udara

Pada dasarnya, poin ini kurang perlu diperhatikan jika anda sudah menjaga sirkulasi udara dengan baik. Namun perlu anda ketahui, kelembapan yang baik untuk pertumbuhan anggrek sekitar 70%.

Pasalnya, jika kelembapan udara berada di 50%, mungkin pertumbuhan masih terbilang bagus. Namun tidak lebih baik dari tingkat kelembapan 70%.

5. Periksa Faktor Genetis

Untuk memperoleh tanaman anggrek yang bagus, tentu harus pula berasal dari anggrek yang genetikanya bagus. Pasalnya, pertumbuhan anggrek juga dipengaruhi faktor genetis.

Faktor ini diturunkan oleh induk kepada anaknya. Bahkan juga ikut andil dalam pembagian anggrek rajin berbunga, malas berbunga, berbunga besar, tumbuh tinggi, berdaun banyak, dan yang lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News