oleh

Cara Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

Kabarin.co.id – Terkait dengan Cara Merawat Burung Kenari Bagi Pemula, ada begitu banyak sumber informasi yang bisa dipelajari. Akan tetapi, tidak kesemuanya memberikan penjelasan yang detail dan lengkap.

Seperti yang kita ketahui, burung kenari 9Serinus Canaria), pertama kali ditemukan oleh pelaut Perancis, Jean de Berthan Cout, di Kepulauan Canary di abad ke-15.

Jika secara umum, burung kenari terbagi dalam tidak jenis. Yakni menurut postur, warna, dan juga suara. Oleh karena itu, ketika ingin memelihara burung kenari, maka perlu dipastikan jenis apa yang anda inginkan.

Ketika dibawah secara singkat, perawatan pada burung kenari tidak lepas dari pemberian pakan, memandikan, dijemur, atau yang lainnya.

Supaya perawatan dinyatakan berhasil, serta membuat burung lebih rajin berbunyi (gacor), maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Cara Merawat Burung Kenari Bagi Pemula

Meski hanya seekor burung, namun juga memerlukan penanganan yang tepat supaya pertumbuhannya lebih maksimal. Penasaran dengan tata cara tersebut? Ini daftar lengkapnya!

1. Jangan Dikasi Pakan Berlebihan

Memberi pakan yang berlebihan, tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi penampilan danjuga kesehatan burung kenari.

Selain membuat burung lebih gemuk, kenari juga akan lebih malas untuk berbunyi, sebab burung tersebut hanya akan berfokus pada pakannya saja. Jadi, beri pakan secukupnya, yakni dengan porsi yang disarankan.

2. Teratur Memberi Extra Fooding

Selain dari pakan utama yang berupa biji-bijian, kenari juga harus memperoleh nutrisi dari makanan tambahan. Termasuk jenis buah dan juga sayur.

Supaya hasil lebih optimal, pakan tambahan ini bisa diterapkan secara bervariasi. Seperti halnya buah dan sayur dipotong kecil, atau dengan takaran yang diinginkan.

3. Mandi, Jemur, Dan Jaga Kebersihan

Selain pakan, sangkar dari burung kenari juga menjadi prioritas untuk diperhatikan. Dalam keadaan sangkar yang bersih, akan membuat burung terhindar dari tungau atau parasit.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memandikan burung kenari secara rutin. Sehingga tidak ada parasit atau kutu yang bersarang pada tubuh burung.

4. Memberi Daun-Daunan Hijau

Bagi para penggemar burung kenari, tidak asing jika selalu memberi makan daun yang berasal dari tanaman liar untuk alternatif pakan tambahan.

Daun-daun yang umum digunakan yakni krokot, mengkudu, dan sebagainya yang dipercaya mampu membuat suara kenari menjadi jernih dan mengkristal.

5. Memberi Suplemen Tambahan

Guna melengkapi kebutuhan nutrisi, maka burung kenari juga bisa diberi suplemen tambahan. Tujuannya ialah supaya burung berkembang maksimal, serta tidak terjadi masalah pada kesehatannya.

6. Pelihara Lebih Dari Satu Burung

Tidak hanya manusia yang bisa merasakan sepi, tentu burung pun memerlukan teman untuk membuat hidupnya lebih riang.

Selain itu, memelihara lebih dari satu burung dirumah, bisa memancing supaya kenari lebih rajin berbunyi. Jadi, peliharalah dua atau lebih kenari, sehingga mereka akan terpancing untuk saling bersahutan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News