oleh

Cara Merawat Emas Imitasi Agar Tidak Luntur Dan Tetap Berkilau

Kabarin.co.id – Bagaimana Cara Merawat Emas Imitasi Agar Tidak Luntur Dan Tetap Berkilau? Tentu pertanyaan ini bisa muncul dibenak semua orang, khususnya bagi kalangan yang mempunyai barang imitasi.

Seperti yang kita ketahui, kalangan wanita sangat identik dengan dunia perhiasan. Hal tersebut memang sudah kodrat lantaran kaum hawa sangat suka berhias diri.

Namun dengan keinginan tetap tampil cantik, namun terkendala dengan dana yang kurang memadai. Bergaya pun bisa dimaksimalkan dengan menggunakan bahan imitasi.

Pasalnya, dengan perawatan yang tepat, emas palsu pun akan tampak berkilau dan orang lain tidak akan curiga jika perhiasan tersebut palsu.

Tidak dipungkiri, hampir semua cewek pernah memakai perhiasan imitasi. Meski hanya berbentuk anting dengan ukuran kecil.

Meski terkadang juga terdapat sedikit rasa malu dalam hati ketika memakai barang imitasi. Namun kondisi tersebut sebenarnya tergantung dengan pribadi masing-masing.

Sebab niat utama hanyalah berhias, yang berarti tidak bertujuan untuk pamer, atau menyombongkan diri.

Nah dalam hal ini, wujud dari perhiasan imitasi tidak berbeda jauh dengan yang asli. Bahkan dari sisi bentuk dan pilihan motif, justru yang imitasi lebih menarik.

Akan tetapi sangat disayangkan, perhiasan imitasi dengan harga murah, sangat mudah hancur lantaran lapisan kuningan dan nikelnya sangat tipis.

Dalam hal ini, kuningan yang masih baru, kilauannya tampak seperti emas. Namun seiring dengan berjalannya waktu, warna tersebut menjadi luntur dan berubah warna menjadi hijau atau silver.

Cara Merawat Emas Imitasi Agar Tidak Luntur Dan Tetap Berkilau

Pertanyaannya, bagaimana jika anda masih sayang dengan perhiasan imitasi tersebut? Adakah perawatan yang bisa dilakukan?

Jika memang demikian, maka perawatan pada aksesoris kecantikan tersebut sangatlah sederhana. Sehingga perhiasan imitasi bisa tetap berkilau seperti halnya baru beli.

Menurut yang dikutip dari She Finds, terdapat beberapa cara khusus untuk merawat perhiasan imitasi. Seperti halnya kalung, cincin, gelang, bros, dan lain-lainnya.

Penasaran? Berikut yang bisa anda lakukan supaya emas imitasi tetap berkilau seperti asli.

  1. Siapkan piring biasa yang diberi alas alumunium foil.
  2. Tuangkan 1 sdm garam dan 1 sdm baking soda.
  3. Panaskan satu cangkir air selama kurang lebih 2 menit, dan tuangkan air panas tersebut pada campuran garam dan baking soda tadi.
  4. Aduk secara perlahan hingga larut, pastikan tidak ada gumpalan.
  5. Masukkan perhiasan imitasi kedalam bahan yang sudah dibuat tadi.
  6. Dalam hal ini, proses setidaknya akan memakan waktu tidak lebih satu menit, bahkan bisa beberapa detik saja.
  7. Angkat perhiasan, bersihkan, serta keringkan dengan kain lembut.

Keterangan tambahan :

  • Baking soda dan garam mempunyai fungsi unutk oksidasi logam (perhiasan imitasi) jika sudah tercampur.
  • Perak dan alumunium foil, mempunyai peranan untuk menghilangkan noda pada perhiasan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News