oleh

Cara Merawat Kucing Persia Dengan Biaya Murah

Kabarin.co.id – Berbicara mengenai Cara Merawat Kucing Persia Dengan Biaya Murah. Tentu sebagian orang sudah paham terkait langkah yang harus dilakukan.

Akan tetapi, tidak kesemua pecinta kucing, khususnya yang masih baru. Tahu langkah-langkah perawatan kucing yang benar. Sehingga kami pun tertantang untuk merangkum tips dan triksnya untuk dipelajari.

Seperti yang kita ketahui, kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang penurut dan juga tenang, sehingga menjadi daya tarik untuk memeliharanya.

Ada begitu banyak jenis kucing yang bisa kita pelihara. Seperti halnya kucing dengan ras Persia, Anggora, ataupun kucing kampung yang mempunyai warna menarik.

Bagi yang bertanya bagaimana langkah cara merawat kucing persia, berikut rangkuman yang kami sadur dari berbagai sumber.

Cara Merawat Kucing Persia Dengan Biaya Murah

Setidaknya ada 8 poin yang bisa dipahami dalam perawatan kucing. Beberapa diantaranya ialah :

1. Menggunakan Alas Dari Pellet Kayu

Cara pertama dalam merawat kucing persia ialah dengan mengindari penggunaan bahan yang bisa menempel pada kaki atau bulu kucing.

Kucing Persia sendiri mempunyai bulu yang panjang dan cantik, oleh karena itu sangatlah penting untuk menjaga keberishannya.

Pellet kayu bisa menjadi alternatif terbaik sebagai alas untuk kandang kucing Persia. Sebab bahan tidak menggumpal serta tidak menempel pada kucing.

2. Terapkan Mangkuk Makan Yang Rendah

Penggunaan mangkuk makan lebih rendah, lebih baik dalam memberi makan kucing Persia. Dengan wajah kucing yang datar dan hidung pendek, tentu akan lebih suka dengan mangkuk datar dengan penggirian rendah.

3. Rutin Menyikat Bulu Kucing Persia Sejak Kecil

Untuk bisa merawat kucing paling sederhana ialah dengan menyikat bulu kucing Persia sejak usia dini. Sehingga kucing akan lebih terbiasa untuk aktivitas tersebut.

Jika tidak sedari dini, dikhawatirkan jika kucing tidak suka ketika disikat bulunya. Sehingga merawatnya pun akan lebih sulit.

4. Lakukan Vaksinasi Rutin

Kucing Persia sangat rentan terhadap infeksi pada saluran pernafasan. Sehingga untuk mencegah kondisi tersebut, sangat perlu dilakukan vaksinasi secara rutin.

5. Gunakan Sikat Bulu Berbahan Logam

Seperti yang kami jelaskan pada poin 3, merawat kucing Persia bisa dengan menyikat bulunya. Tujuannya supaya bulu tampak tetap bersih dan cantik.

Dari jenis sikat yang paling baik, ualah menggunakan sikat berbahan logam dengan ujung meruncing. Sehingga proses sikatnya pun lebih mudah.

6. Menjaga Kebersihan Hidung Kucing

Mempunyai bentuk yang pendek, hidung kucing Persia lebih mudah tersumbat karena kotoran. Hal ini bisa menyebabkan kucing sulit bernafas, atau bahkan memicu infeksi. Bersihkan hidung kucing untuk mencegah masalah tersebut.

7. Jangan Lupa Membersihkan Mata Kucing

Tidak hanya pada bagian hidung, namun mata kucing Persia pun juga harus dibersihkan secara teratur. Dalam hal ini, mata kucing Persia mampu memproduksi air mata yang berlebihan.

Jika air mata tersebut tidak dibersihkan, bisa saja merusak bulu pada wajah serta menimbulkan iritasi.

8. Memandikan Kucing Persia

Sama halnya dengan manusia, kucing juga mempunyai salon untuk merawatnya lebih mudah. Akan tetapi, jika melakukan perawatan sendiri, tentu harus tepat dalam memilih beberapa hal.

Saat memandikan kucing, gunakan shampoo yang sesuai, dan usahakan memandikan kucing dengan benar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News