oleh

Cara Sederhana Mengatasi Bayi Sudah BAB

Kabarin.co.id – Meski cukup mudah, namun Cara Sederhana Mengatasi Bayi Sudah BAB ini tidak semua orang paham, atau pernah mencoba sendiri dirumah.

Maka dari itu, sebagai orang tua yang masih baru belajar merawat bayi, tentu sangat wajib mengetahui tata cara untuk mengatasi bayi yang jarang atau tidak buang air besar.

Seperti yang dirangkum dari Alodokter.com, setidaknya ada 6 poin sederhana yang bisa dipelajari. Kesemuanya pun tampak begitu sederhana. Atau bahkan mungkin bisa diterapkan sedari dini.

Cara Sederhana Mengatasi Bayi Sudah BAB

Untuk bisa mengatasi bayi yang tidak BAB, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Termasuk juga seperti yang terangkum pada daftar berikut :

1. Beralih Pada Jenis Susu Lain

Pada dasarnya, bayi yang masih diberi ASI eksklusif, akan sangat jarang mengalami yang namanya sembelit. Hal tersebut dikarenakan ASI mengandung nutrisi yang seimbang.

Akan tetapi, apabila bayi anda sembelit, maka bisa dialihkan pada susu formula guna sementara waktu hingga sembelit bayi reda.

Dalam hal ini, bisa saja jika si kecil sensitif pada apa yang anda konsumsi. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan makanan ataupun minuman yang dikonsumsi.

Sedangkan jika sembelit dialami oleh bayi yang diberi susu formula, maka bisa beralih pada susu formula merek lain. Sebab bisa saja kandungan dari susu tersebut membuatnya sembelit.

2. Beri Makanan Padat

Bayi yang sudah bisa mengkonsumsi makanan padat, tentu dapat diberi tambahan sayuran atau buah-buahan yang kaya akan serat.

Seperti halnya ialah buah apel, mangga, jambu, wortel, pisang, dan juga brokoli. Selain itu, si kecil juga bisa diberi sereal gandum utuh dan bubur dari beras cokelat guna membantunya melancarkan BAB.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Sangat penting untuk menjaga cairan tubuh si bayi tetap terjaga. Dalam hal ini, pada dasarnya air putih dan susu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Akan tetapi, untuk bayi di bawah 6 bulan, akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Khususnya terkait dengan pemberian cairan lain selain ASI dan susu formula.

4. Berikan Puree

Jika bayi masih baru bisa mengkonsumsi MPASI, maka bisa dengan puree (makanan yang dilumatkan), entah dari buah atau sayur.

Dalam hal ini, buah dan sayur mempunyai kandungan serat serta bisa melancarkan sistem pencernaan.

5. Memijat

Tidak sembarangan, pijatan pada bayi bisa dilakukan pada bagian perut, itupun harus sangat lembut dan perlahan. Lakukan pijatan ini setidaknya selama 3 menit guna menstimulasi gerakan usus.

6. Melatih Fisik

Dengan banyak gerak, ternyata bisa membantu dalam melancarkan sistem pencernaan pada bayi yang tidak BAB. Ketika si kecil sudah bisa merangkak, maka bisa mendorong dia untuk lebih aktif bergerak.

Sedangkan untuk yang belum, coba baringkan si kecil pada posisi telentang, kemudian gerak-gerakkan kakinya seperti mengayuh sepeda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News