oleh

Cara Unik Penanganan Sampah Di Negara Lain

Kabarin.co.id – Berbeda dengan Indonesia, banyak Cara Unik Penanganan Sampah Di Negara Lain. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka yang begitu kreatif dalam mengelola pembuangan sampah.

Seperti yang kita ketahui, sampah merupakan salah satu masalah masyarakat yang cukup sulit untuk dipecahkan. Pasalnya banyak lingkungan kita yang tercemar, yang pada akhirnya juga berbahaya bagi masyarakat.

Pada beberapa negara di belahan dunia, saat ini sudah mulai sadar dalam pengelolaan sampah. Sehingga tidak sedikit yang pada akhirnya memikirkan cara kreatif untuk menanganinya supaya tidak menumpuk.

Dengan demikian, lingkungan di sekitar lebih bersih dan tidak tercemar, terlebih dari sampah plastik yang tidak mudah terurai.

Cara Unik Penanganan Sampah Di Negara Lain

Pertanyannya, bagaimana cara mereka mengelola sampah dengan langkah yang tepat? Untuk memberikan jawaban yang pasti, berikut daftar yang bisa disimak.

1. Australia

Meski Indonesia, khususnya di Surabaya sudah ada transportasi gratis dengan menukar botol plastik sebagai pengganti uang. Namun di Sydney jauh lebih maju dengan tingkat kreatifitas anak bangsa.

Dalam hal ini, Sydney juga memberikan akses transportasi gratis dan juga memberikan tiket bioskop pada saat mereka menukar sampah plastik pada mesin yang sudah disediakan.

2. Ethiopia

Di negara ini, khususnya di Ibu Kotanya Addis Ababa, mempunyai Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang menggunakan bahan bakar sampah.

Hebatnya, tidak hanya memberikan tenaga listrik, namun juga memberikan sumber air bersih dan batu bata. Setiap harinya, mereka mampu membakar 1.400 ton sampah serta mampu memberikan listrik untuk 25 persen penduduknya.

3. Brazil

Di Kota Curtiba Brazil dengan julukan “Brazil’s Greenest City”, melakukan hal ini dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak tentang mengelola sampah.

Program jangka panjang tersebut menimbulkan perubahan yang cukup signifikan, bahkan kota ini sudah mendekati zero waste.

4. Norwegia

Pengelolaan sampah di Norwegia banyak diberikan pada masyarakat dan industri sekitar. Dalam hal ini, masyarakat akan memperolah upah saat mengumpulkan sampah plastik di tempat daur ulang.

Terlebih lagi, mereka juga memberikan kesempatan pada pihak perusahaan untuk bisa melakukan daur ulang sampah yang masih bisa dipakai.

5. Swedia

Negara ini mempunyai cara unik untuk mengelola sampah, yaitu dengan cara membuat mall yang didalamnya khusus menjual beberapa barang untuk di daur ulang.

Orang disana mengajukan barangnya untuk diperbaiki serta akhirnya bisa dijual disana, bahkan tempat tersebut juga menyediakan pelatihan untuk mengelola barang dan perbaikannya.

Selain itu, tempat ini juga tidak jauh dari lokasi pengelolaan sampah di Swedia. Sehingga saat ada orang yang ingin membuang sampah, maka mereka bisa membawanya kessana.

Kondisi tersebut menyebabkan banyak sekali orang-orang yang berkumpul, khususnya untuk mengurangi sampah mereka serta berinovasi terkait lingkungan yang bersih. Terlebih lagi, mereka bisa berdiskusi dan menjalin dunia sosial.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News